tips membuat logo

Tips Membuat Logo yang Menjual

Posted on

Kali ini mari kita bahas soal tips membuat logo yang menjual. Pembahasan soal mengapa logo untuk suatu bisnis penting sudah pernah dibahas sebelumnya disini. Kali ini sebelum Anda memutuskan membuat logo untuk bisnis, ketahui tips membuat logo dari ahlinya langsung.

Bahasan materi ini disampaikan oleh Tyo yang merupakan design graphic sekaligus motion graphic editor di Billionaire Store dalam grup edukasi bisnis Billionaire Store Academy. Anda yang ingin bergabung untuk belajar seputar bisnis bersama para ahlinya bisa langsung bergabung tanpa perlu syarat apapun. Klik gambar di bawah ini untuk bergabung.

Menurut Tyo logo dalam bisnis itu juga citra dari bisnis Anda sendiri. Saking pentingnya logo, Anda tidak boleh membuat logo asal-asalan. Anda juga bisa menentukan ingin membuat logo yang bisa dipakai dalam jangka waktu lama, atau dalam jangka waktu yang singkat.

Logo yang berlangsung lama itu salah satu contohnya logo McDonald, BMW, Nike, Adidas dan sejumlah perusahaan ternama lainnya.Dengan tampilan logo yang sederhana dan mempresentasikan bahwa McD itu sebuah restoran siap saji, poin itu terlihat dari logo M yang melengkung seperti kentang goreng yang mereka sajikan.

Baca juga: Jenis Jenis Promosi Ampuh untuk Datangkan Konsumen

Permasalahannya bagaimana agar Anda bisa mempunyai logo menarik seperti logo-logo perusahaan ternama? Tyo sendiri membahas sejumlah tips membuat logo sebagai berikut. Pertama Anda harus memperhatikan tipe logo seperti apa yang akan Anda buat. Setidaknya ada empat tipe logo yang akan dibahas kali ini.

Tipe yang pertama adalah tipe pictorial. Tipe ini tidak memakai nama dalam logonya, contohnya adalah seperti logo Apple yang logonya hanya gambar apel yang sudah tergigit. Biasanya logo jenis pictorial ini terbuat dari gambar-gambar yang unik.

Tipe kedua adalah logo type. Tipe logo ini dimiliki perusahaan seperti Samsung, Canon, dan Fujifilm. Tipe logo seperti ini cenderung hanya menampilkan tulisan brand saja tetapi tidak menampilkan gambar dalam logonya.

Baca juga: Belajar Jualan Online Dengan 5 Media Ampuh Ini

Tipe ketiga ialah letter from logo. Tipe logo satu ini adalah tipe yang memakai salah satu huruf yang berada di dalam logo tersebut. Lumrahnya huruf yang dipilih adalah huruf awal dari nama brand. Sebut saja seperti Facebook yang menggunakan huruf “f” saja untuk logonya atau perusahaan Unilever yang memakai huruf “u” untuk logo perusahaannya.

Tipe keempat emblem. Tipe logo emblem ini adalah tipe logo yang menjadikan logo menjadi satu kesatuan gambar. Contohnya seperti logo-logo mobil sport contohnya Lamborghini, BMW, lalu logo Harley Davidson.

Keempat tipe diatas adalah  tipe logo yang terbilang mudah dibuat untuk bisnis. Sebenarnya masih ada beberapa tipe logo lainnya, namun kali ini cukup empat tipe dulu saja yang dibahas. Selain tipe logo yang lebih membahas pada bentuknya. Tips membuat logo selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah soal warna.

Baca juga: Cara Mempromosikan Produk Ala Billionaire Store

Tyo pun dalam materi soal tips membuat logo membahas juga mengenai warna untuk logo bisnis Anda. Warna sendiri memiliki maknanya masing-masing. Anda mungkin familiar dengan warna merah yang melambangkan berani dan putih yang melambangkan suci. Makna dari warna sendiri nantinya sangat berpengaruh pada makna logo bisnis Anda. Untuk pembahasan makna warna Tyo membahasnya cukup detail, berikut ulasan lengkapnya.

Merah : Keberanian, kekuatan, energi, gairah, semangat, nafsu dan adrenalin

Hijau : Kesuburan, kesegaran, kedamaian, dan keseimbangan

Orange : Melambangkan kehangatan, kenyamanan, dan keceriaan

Kuning : Ceria, bahagia, energik, dan optimis

Biru : Stabil, kecerdasan, dan percaya diri

Ungu : Keakraban dan rasa aman

Hitam : Misterius, duka, dan hampa

Putih : Bersih, ringan, suci, dan kebebasan

Emas : Prestasi, kesuksesan, kemewahan, kemenangan, dan kemakmuran

Abu-abu: Keseriusan, kestabilan, kemandirian dan tanggung jawab

Baca juga: Cara Menyikapi Persaingan Bisnis, Di Era Copy-Paste Yang Bikin Kita Miris!

Lalu apakah bisa menggabungkan beberapa warna dalam satu logo? Jawabannya tentu bisa. Lihat saja logo Billionaire Store yang memiliki warna merah gradasi kuning. Makna dari logo Billionaire sendiri pun melambangkan Billionaire Store selalu semangat dan selalu bergairah saat memberikan ilmu-ilmu bisnis pada para konsumennya. Lalu warna kuningnya melambangkan bahwa kita selalu ceria, energik dan selalu optimis dapat membantu siapapun.

Ilmu ini tentunya penting untuk Anda para pemilik bisnis, meskipun Anda tidak bisa desain, setidaknya Anda tahu akan membuat logo seperti apa dan warna logonya seperti apa yang sesuai dengan citra bisnis yang ingin Anda bangun. Hal ini tentu akan memudahkan desainer untuk membuatkan logo untuk Anda. Selain memudahkan desainer, tentunya Anda akan mendapatkan logo yang sesuai keinginan dan harapan.

Baca juga: Ide Bisnis Tanpa Modal Dijamin Menghasilkan

Setelah tahu tips membuat logo, apakah sudah terbayang ingin membuat logo seperti apa untuk bisnis Anda atau justru ingin membuat logo baru yang lebih memiliki makna dan sesuai dengan identitas bisnis Anda? Hal yang terpenting pikirkan matang-matang makna dari logo Anda dan buat logo sesederhana. Tujuannya agar mudah diingat tetapi tetap memiliki arti.

Gravatar Image
Billionaire Store adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penulisan. Percetakan dan Penerbitan buku buku bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *