tipe-tipe pembeli

Kenali Tipe-Tipe Pembeli untuk Meningkatkan Peluang Penjualan

Posted on

Tipe-Tipe Pembeli – Menjadi penjual sudah pasti berhubungan dengan pembeli. Beragam tipe-tipe pembeli dengan segala keinginannya tentu sudah khatam dirasakan oleh para penjual.

Merasa sudah maksimal dalam menghadapi konsumen tapi ujung-ujungnya chat hanya berujung CLBK (Chat Lama Beli Kaga)? Bisa jadi karena Anda tidak tahu jenis-jenis pembeli dan cara menghadapinya dengan benar.

Menghadapi tiap konsumen tentu ada cara dan ilmunya tersendiri. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah ketahui dahulu tipe-tipe pembeli yang tertarik dan pada akhirnya menghubungi Anda. Baru setelah itu hadapi konsumen dengan cara tertentu, bergantung pada tipenya masing-masing.

Baca juga: Stop Judging! Kata Siapa Ibu Rumah Tangga Itu Pengangguran?

Jangankan cara menghadapinya, jenis-jenis konsumennya pun Anda tidak tahu? Tidak perlu khawatir, mari kita bahas bersama mengenai empat tipe pembeli dan taktik berkomunikasi dengan pembeli yang pasti menghasilkan.

Dominan

Tipe pembeli yang pertama adalah dominan. Pembeli dominan memiliki karakter lebih to the point, ragu-ragu, mendetail dan merasa dirinya dimanfaatkan.

Nah, untuk menghadapi tipe pembeli yang satu ini Anda harus menanyakan dengan jelas apa yang mereka inginkan, jangan bertele-tele dan tawarkan kepastian jika Anda sebagai penjual bisa memberikan solusi dan pelayanan yang baik.

Baca juga: Tips Foto Produk Hanya Dengan Smartphone

Sehingga Anda harus memberikan pelayanan yang cepat dan mudah untuk tipe pembeli dominan. Menawarkan pilihan dan memberikan penjelasan poin-poin penting dari produk juga bisa membantu memenangkan hati tipe konsumen dominan.

Intim

Pembeli intim cenderung kebalikan dari tipe dominan. Pembeli jenis ini justru tak senang dengan hal detail, penjual yang tak bersahabat dan sikap penjual yang tidak senang dengan pendapat yang diberikan pembeli.

Jadi ketika menghadapi pelanggan tipe ini, Anda harus terlihat antusias. Tak lupa pula untuk memberikan testimosi pembeli lain dan menyampaikan penawaran dengan gaya bercerita.

Terlebih jika diberi kesempatan yang bersifat menarik dan berjangka waktu seperti diskon atau promo lainnya, pembeli tipe intim sangat berpotensi untuk mengambil promo tersebut.

Baca juga: Belajar SEO: Tips Jitu Jualan Laris dari Google

Masih memiliki kesulitan dalam menghadapi berbagai jenis konsumen? Ada media belajar yang bisa Anda manfaatkan secara cuma-cuma dari ahlinya. Kesempatan bertukar pikiran bersama sesama penjual pun bisa Anda lakukan.

Caranya gampang banget, Anda cukup bergabung di grup Facebook Billionaire Store Academy dengan klik gambar dibawah ini. Anda berkesampatan mendapat mentoring dari para ahli dan praktisi di bidang bisnis agar bisa meningkatkan jumlah penjualan.

Stabil

Bersikap terbuka, memberikan demonstrasi hingga memberikan informasi mengenai produk secara bertahap bisa Anda lakukan jika Anda dihadapkan pada jenis tipe pembeli stabil.

Lebih menekankan pada stabilitas, kenyamanan, keamanan produk, memberikan garansi juga free trial akan sangat cocok untuk pembeli stabil. Namun, hindari hal-hal yang tak disukai oleh tipe pembeli jenis ini, seperti paksaan, tekanan, ketidakpastian, dan terlalu agresif.

Jika poin-poin tersebut Anda lakukan, jangan harap untuk mencapai tahap closing, pembeli bisa-bisa kabur dan tidak berminat sama sekali karena merasa terlalu dikejar.

Baca juga: Lima Trik Follow Up di Facebook, Buat Konsumen Langsung Transfer

Cermat

Pelanggan tipe cermat ini dikenal sangat teliti dan logis sehingga tidak mudah percaya atas apa yang Anda omongkan. Oleh sebab itu, Anda harus benar-benar menguasai produk, lakukan pendekatan yang rasional juga tetap objektif. Hindari promosi yang dilebih-lebihkan juga cara menyampaikan penawaran yang terlalu antusias.

Materi diatas hanya sebagian kecil yang bisa Anda pelajari dari buku karya Dewa Eka Prayoga yang berjudul 30 Hari Jago Jualan. Masih banyak ilmu-ilmu jualan lain yang bisa Anda ketahui dan pratekan langsung.

Bukan hanya materi yang diambil dari buku-buku ekonomi dan bisnis, tetapi buku ini ditulis berdasarkan pengalaman sang penulis yang sudah terbukti menghasilkan omzet hingga milyaran rupiah.

Masih mikir-mikir untuk memiliki Buku 30 Hari Jago Jualan? Bermodal Rp 259.000, Anda sudah bisa mempelari berbagai teknik jualan ala Dewa Eka Prayoga yang praktikal.

Tak perlu pikir panjang, langsung beli karena stok terbatas. Klik gambar dibawah, untuk mendapatkannya!

Gravatar Image
Billionaire Store adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penulisan. Percetakan dan Penerbitan buku buku bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *