Teknik Closing Sales Paling Jitu dan Terbukti Menghasilkan

0
355
Teknik Closing

Teknik closing merupakan elemen paling penting dan sangat vital pada bisnis online. Karena teknik inilah yang nantinya akan menentukan apakah produk bisnis Anda bisa terjual atau tidak.

Pelanggan kabur terus? Kesulitan memanfaatkan chatting untuk meningkatkan omset?Bingung menanggapi pelanggan CLBK (Chat  Lama Beli Kagak)? Atau sering di PHP-in buyer? Jika iya, maka Anda telah menemukan solusi yang tepat. Silahkan baca artikel ini sampai tuntas.

Apa Itu Teknik Closing?

Teknik closing adalah trik chatting dengan buyer sehingga mampu menggiring mereka untuk melakukan pembelian. Closing bisa dikatakan berhasil ketika buyer atau pembeli dari produk bisnis Anda melakukan transfer.

Ketika calon pembeli mulai bertanya-tanya, itu tandanya mereka mulai tertarik dengan produk bisnis yang ditawarkan. Tugas Anda adalah bagaimana caranya mengarahkan dan meyakinkan mereka sehingga tertarik untuk membeli. Ingat, mengarahkan. Bukan memaksakan.

“Kalau mereka memang tertarik, kok gak langsung beli? Sudah chatting lama-lama, beli kagak. Ada sih yang closing, tapi masih sedikit. Gimana dong?…” Sabar, jangan nyerah gitu dong. Anda hanya perlu tekun dan mempelajari ilmunya.

Yups, teknik closing itu ada ilmunya, ada seninya. Jadi tidak bisa sembarangan. Dan kabar baiknya lagi, Anda tidak perlu pusing-pusing cari referensi ilmu tentang teknik closing. Kami akan bagikan secara cuma-cuma, alias gratis.

Cara Closing yang Terbukti Menghasilkan

Tapi sebelum membahas cara closing, ada baiknya Anda mengetahui bagaimana flow atau tahapan dalam jualan. Ingat, jualan itu merupakan sebuah proses. Saat pertama kali bertemu calon pembeli, Anda tidak mungkin langsung bisa closing.

Tahapan pertama, Anda harus membangun kedekatan dengan pembeli. Kemudian gali kebutuhan, keinginan, atau masalah yang sedang mereka hadapi. Baru setelah itu tawarkan produk Anda sebagai solusi. Dan ketika ketiga tahapan tersebut telah Anda lewati, kemungkinan untuk closing semakin terbuka lebar.

Untuk mempermudah dan memperbesar peluang closing, pastikan Anda menerapkan beberapa teknik dibawah ini:

Jangan Biarkan Pembeli Berkata “Tidak”

Coba berikan mereka option atau pertanyaan pilihan. Jangan pernah biarkan calon pembeli Anda berkata “tidak”. Lalu, seharusnya bagaimana? Pakai teknik pertanyaan pilihan, misalnya:

  • “Lebih suka warna merah atau biru?”
  • “Mau bayar tunai atau kredit?”
  • “Mau dikirim atau diambil?”, dan lain-lain.

Coba Anda perhatikan, adakah celah bagi calon pembeli untuk berkata tidak? Kata-kata diatas seolah menyudutkan calon pembeli untuk memilih salah satu diantara dua hal yang ditawarkan.

Namun yang mesti diperhatikan, Anda hanya boleh memakai teknik tersebut jika sudah benar-benar melakukan tahapan pendekatan dengan calon pembeli. Jangan gunakan teknik ini terlalu cepat saat berjualan, kecuali jika Anda sudah melakukan edukasi sebelumnya.

Buatlah Calon Pembeli Bekata “Ya”

Teknik ini cocok Anda gunakan ketika sudah memiliki sedikit gambaran mengenai kebutuhan, keinginan, atau masalah yang sedang dihadapai calon pembeli.

Jika Anda lihat dan pintar dalam menggunakan teknik ini, maka calon pembeli pun akan dengan mudah mengangguk-ngangguk dan menyetujui apa yang dikatakan. Asyik bukan?

Oh ya, mesti diingat, jangan terlalu lebay dalam bertanya. Bukanya tertarik untuk membeli, tapi malah BT atau bad mood terhadap Anda. Jadi kesempatan Anda untuk closing semakin tertutup.

Hadirkan Nilai Ekslusivitas, Teknik Kelangkaan

Semakin langka suatu produk, semakin banyak permintaan. Disadari atau tidak, hampir setiap pembeli suka ekslusivitas yaitu produk yang dibuat terbatas, langka, dan tidak pasaran.

Apa saja yang bisa Anda buat langka?

  • Jumlah produksinya/stoknya
  • Jumlah pembelinya
  • Akses membelinya

Satu hal yang perlu dicatat, dalam teknik kelangkaan ini, Anda tidak boleh bohong. Kalu memang tidak terbatas, ya jangan katakan terbatas. Gunakan sesuai porsinya saja dan sesuai kenyataan.

Now or Never

Selain mencari-cari alasan, penyakin salon pembeli yang paling sering muncul adalah senang menunda-nunda. “Nanti aja deh…Tanya suami/istri dulu…” dan berbagai alasan lainnya.

Oleh karena itu, teknik Now or Never ini sangat cocok Anda gunakan untuk mengunci calon pembeli melakukan action hingga akhirnya membeli atau melakukan proses transfer pada hari itu juga. Caranya?

Berikanlah penawaran yang dapat memukau calon pembeli untuk bertindak cepat. Anda bisa menggunakan berbagai tipe penawaran, diantaranya:

  • Diskon
  • Hadiah
  • Bonus spesial
  • Gratis ongkir alias ongkos kirim
  • Dan lain sebagainya

Harga Coret

Pasti, Anda sudah familiar dengan teknik satu ini. Teknik ini memang dikenal sangat powerfull. Calon pembeli cenderung akan langsung tertarik, bahkan tak menutup kemungkinan langsung closing saat itu juga karena bandrol harga yang lebih murah dari biasanya.

Dengan teknik ini, orang akan menghitung sendiri erapa uang yang akan mereka hemat ketika dia memutuskan untuk membeli sekarang.

Itu dia lima teknik closing yang bikin jualan semakin laris manis. Dapatkan juga 25 teknik jualan laris lainnya, yang telah terbukti ampuh menghasilkan puluhan, ratusan, bahkan miliyaran rupiah per bulan, di buku 30 Hari Jago Jualan.

Jika Anda ingin meledakan omset penjualan Anda, maka Anda wajib baca buku 30 Hari Jago Jualan! Selain bisa mengenal, mengasah, dan melatih kemampuan jualan. Anda juga akan mendapatkan ilmu tentang bagaimana cara meraup omset puluhan juta dalam hitungan menit.

Ketahui juga rahasia dibalik istilah “Tiada Hari Tanpa Closing”, dan masih banyak lagi. Yakin tidak tertarik? Untuk medapatkan buku ini, caranya gampang kok. Tinggal klik gambar dibawah ini, sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here