Personal Branding: Trik Jitu Taklukan Pasar di Era Digital

0
226

Personal branding adalah aktivitas membangun dan mempromosikan diri dan bisnis sebagai sebuah merk. Dan bisa juga dikatakan sebagai ajang promosi agar lebih dikenal banyak orang. Dan hal ini juga yang harus Anda lakukan sebagai pelaku bisnis online. Bagaimana produk Anda bisa laris di pasaran, jika belum dikenal oleh market.

Mungkin sebagian dari Anda saat ini sedang bertanya-tanya: ‘saya sudah melakukan promosi, tapi kok yang closing sedikit ya? Dan saya juga sudah gunakan berbagai teknik jualan, tapi tetap saja penjualan tidak juga memenuhi target. Lantas, apa yang harus saya lakukan untuk menggenjot penjualan?

Melalui buku yang ditulisnya ‘Gara-Gara Facebook Ads’, Ayu Paramita akan coba menjawab beberapa pertanyaan yang selama ini menjadi dilema para pebisnis online tersebut. Dan salah satu jawabannya adalah Anda harus mulai membangun PERSONAL BRANDING.

Yup, apa pun strategi dan teknik jualan yang Anda gunakan akan percuma jadinya jika orang tidak kenal dengan yang menjual, sehingga tingkat kepercayaan calon konsumen pun akan berkurang. Dan akhirnya berdampak pada pendapatan bisnis Anda.

Memasuki pasar era digital, personal branding memang memiliki peranan penting dalam membangun kepercayaan konsumen. Berbeda dengan bisnis konvesional, disini baik itu penjual maupun pembeli tidak saling bertatap muka.

Sehingga pelanggan akan lebih selektif saat membeli atau menggunakan produk sebuah bisnis. Itulah kenapa kepercayaan menjadi faktor penting yang akan dipertimbangkan oleh konsumen.

Selain menjadi market potensial untuk memperkenalkan dan menjual produk, Facebook juga teryata sering digunakan para pengusaha untuk membangun personal branding. Bagaimana cara-nya, simak ulasan berikut ini!

Cara Membangun Personal Branding di Facebook

Sebelum masuk pembahasan, ada sedikit cerita dari Ayu Paramita tentang bagaimana ia bangkit dari keterpurukan bisnisnya. Yup, sebelum menggapai kesuksesan seperti sekarang ini, ia pernah mengalami kegagalan bisnis bahkan sampai bangkrut.

Tapi ia tak pernah pantang menyerah. Ayu Paramita mencoba untuk membangun dan menata bisnisnya kembali. Salah satunya adalah dengan cara membangun personal branding dan sharing bisnis melalui platform Facebook.

Konten yang dibuat pun tidak melulu soal jualan. Ia juga menyelanginya dengan sharing ilmu bisnis. Ia meyakini bahwa semakin sering membagikan ilmu, maka kita pun akan semakin mahir menguasai ilmu tersebut. Hal ini juga dilakukan sebagai upaya agar audiens tidak mudah merasa bosan dengan konten yang disuguhkan.

Dan hasilnya, hanya dalam jangka waktu 50 hari ia berhasil mengatongi full 5.000 teman dengan hampir 2.000 lebih follower. Fantastis bukan! Selain itu, bersama dengan timnya, Ayu Paramita juga mengelola sekitar 200 Fanspage yang berisi berbagai macam niche untuk meningkatkan personal branding dan brand awareness.

Dalam bukunya, ia juga menyampaikan ada empat cara untuk membangun personal branding, yaitu:

  • Promosikan diri Anda
  • Memaksimalkan kekuatan Anda
  • Sharing dulu baru selling
  • Dan terakhir membangun tribes

Langkah pertama yang harus Anda lakukan saat membangun personal branding adalah memperkenalkan siapa Anda dan bisnis yang dikelola. Sebagaimana pepatah, ‘tak kenal maka tak sayang, tak kenal maka tak cinta’.

Hal ini juga harus Anda terapkan pada saat akan membangun personal branding. Cobalah untuk mempromosikan diri dan bisnis Anda agar dikenal lebih banyak orang. Tak lupa pula untuk membangun interaksi dengan audiens Anda.

Ingat, hukum interaksi di Facebook itu akan terjadi kalau ada aktivitas Like, Komen, dan Share yang dilakukan oleh pengikut akun bisnis Anda. Semakin banyak interaksi, maka peluang untuk dikenal lebih banyak orang pun semakin besar.

Dan otomatis, ketika sudah dikenal banyak orang maka apa pun jenis produk dan jasa yang Anda jual InsyaAllah akan laku di pasaran dan selalu ramai pembeli. Gunakan konten yang menarik dan informatif untuk menarik interaksi audiens. Paling minimal ada tiga postingan dalam seharinya.

Nah, untuk step selanjutnya bisa Anda pelajari di buku Gara-Gara Facebook Ads by Ayu Paramita. Tidak hanya tentang persona branding, di buku tersebut juga dijelaskan beberapa cara dan tips bagaimana menciptakan penjualan dari iklan Facebook.

Simak juga bagaimana kisah para pelaku usaha online yang sukses meraih omset hingga ratusan juta hanya dengan menggunakan Facebook Ads. KLIK GAMBAR dibawah ini untuk mendapatkan buku Gara-Gara Facebook Ads. Ada promo menarik juga lho, diskon 30%. Stok terbatas, jangan sampai kehabisan. KLIK GAMBAR DIBAWAH INI!

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here