macam-macam-iklan

Macam Macam Iklan di Dunia Online yang Harus Anda Coba

Posted on

Macam Macam IklanBerjualan dalam dunia online maupun offline tidak lepas dengan yang namanya iklan. Terlebih jika Anda lebih berkecimpung dalam dunia online. Banyak macam macam iklan yang bisa Anda jalankan untuk lebih memperkenalkan brand dan meningkatkan penjualan.

Kelebihan menjalan bisnis di dunia online, ada banyak iklan yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan. Hampir kebanyakan iklan yang ada bisa disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Hal yang lebih menguntungkan Anda bisa atur sendiri dan hasilnya pun terukur dan laporannya lengkap.

Baca juga: Cara Menjadi Kaya Dengan 4 Jenis Investasi Populer 

Masih buta soal dunia periklanan online? Tidak perlu sedih, mari belajar bersama Billionaire Store. Ada tujuh macam macam iklan online yang bisa Anda pahami lebih jauh, apa saja iklan-iklan tersebut?

Iklan di Sosial Media

Semakin besarnya penggunaan sosial media, orang-orang pun melihat fenomena ini sebagai tempat iklan yang bagus. Bagaimana tidak, hampir semua orang dari berbagai kalangan memiliki sosial media. Semakin banyak orang yang menggunakan satu sosial media, penjual tentu bisa mempromosikan bisnisnya dan bisa menjangkau lebih banyak orang.

Macam macam iklan di sosial media pun beragam, ada yang disediakan oleh pihak penyedia sosial media sendiri seperti Facebook Ads, Instagram Ads, Youtube Adsense, Twitter Ads dan juga Linkedin Ads. Untuk memasang iklan pada penyedia, Anda bisa mengatur sendiri dan menyesuaikan dengan ketentuan yang ada di tiap platform. Dana yang dibutuhkan pun bisa disesuaikan dengan dana promosi yang Anda miliki.

Baca juga: Mencari Karyawan Untuk Tim Penjualan Agar Keuntungan Meningkat Pesat

Selain dari penyedia, Anda bisa memasang iklan pada user yang sudah memiliki followers yang banyak. Jenis promo ini lumrah terjadi di sosial media Instagram. Anda bisa memilih Paid Promote dengan membayar sejumlah uang yang sudah dipatok oleh user dengan imbalan mengiklankan produk yang Anda miliki.

Ada juga Endorsement, jenis promosi dengan memberikan produk yang Anda jual para user atau yang dianggap sebagai orang terkenal secara cuma-cuma. Pemberian produk ini biasanya dibarengi dengan ulasan yang diberikan oleh user di akun sosial medianya.

Biasanya setiap user atau dikenal sebagai selebgram atau mediagram memiliki ketentuan sendiri-sendiri. Anda bisa menyesuaikan dengan target market dan juga budget yang Anda miliki. Image dari user yang Anda pilih pun bisa menjadi pertimbangan apakah sesuai dengan produk Anda atau tidak.

Baca juga: Pekerjaan dengan Gaji Tinggi untuk Wanita yang Bikin Mupeng

Untuk Anda yang masih pemula, ada baiknya mempelajari bisnis mulai dari dasar terlebih dulu. Ada solusi mudah yang bisa Anda dapatkan dengan klik gambar di bawah ini.

Iklan di Mesin Pencari

Adwords atau Google Ads juga sangat digemari baik oleh brand ternama atau penjual online biasa. Jika Anda berjualan dengan menggunakan website, iklan jenis ini tentu akan sangat potensial dan cocok dengan media jualan yang Anda miliki.

Memasang iklan di mesin pencari perlu ilmu SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing). Anda harus paham dulu dua subjek ini. Untuk menjalankan iklannya sendiri Anda bisa menguasai SEM saja tetapi untuk lebih maksimal Anda perlu juga menguasai SEO.

Baca juga: Program Customer Loyalty Buat Konsumen Makin Setia

Memanfaatkan mesin pencari sebagai media iklan, Anda bisa memilih dua opsi pilihan. Pertama, Anda bisa memilih iklan yang berbayar per klik dikenal juga dengan PPC (Pay Per Click). Kedua, ada iklan CPM (Cost Per Mile) yang pembayarannya dilakukan setelah 1000 tayangan.

Soal PPC dan CPM pun tak hanya digunakan di Adwords saja tetapi juga digunakan untuk iklan-iklan di sosial media seperti Facebook Ads, Instagram Ads, Youtube Adsense, Twitter Ads dan juga Linkedin Ads.

CPM biasanya digunakan ketika Anda ingin membangun awareness atau ingin memperkenalkan produk baru. Tujuannya agar lebih banyak orang yang tahu dan mengenal brand atau produk Anda. Untuk PPC sendiri, bisa Anda pilih saat Anda ingin menaikan traffic pada toko online Anda atau mendownload aplikasi, bisa juga untuk langsung terhubung pada kontak untuk melakukan pembelian.

Baca juga: Tipe Tipe Penjual yang Perlu Diketahui, Tipe Seperti Apakah Anda?

Meningkatkan penjualan dan mengenalkan produk bisa Anda lakukan semua dengan media online. Jenis media dan macam macam iklan pun bisa Anda pilih sendiri sesuai kebutuhan dan tujuan Anda. Namun sebelum beriklan, pastikan Anda paham semua seluk beluk cara beriklan. Jangan asal beriklan jika tidak tahu tujuannya apalagi tanpa tahu ilmunya.

Untuk lebih paham soal internet marketing, Anda juga bisa belajar melalui Billionaire Store Academy. Mentor-mentor handal yang juga merupakan pebisnis sukses secara cuma-cuma membagikan ilmunya. Klik gambar di bawah ini untuk bergabung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *