kata kata promosi

Tips Membuat Kata Kata Promosi Dengan Cepat dan Ampuh

Posted on

Berjualan online memang tak lepas dari kata-kata promosi. Jika tidak ada tulisan promosi dalam media jualan Anda, bagaimana produk akan terjual. Poin yang sering menjadi masalah para penjual atau pebisnis online adalah soal membuat kata kata promosi.

Jangan dulu mengarah pada membuat kata-kata promosi yang bisa menghasilkan closing, membuat kata kata promosi baik saja masih sering bermasalah. Sederhananya, masih banyak penjual yang belum menguasai cara menulis apalagi membuat kata-kata promosi.

Tetapi ada sejumlah cara yang bisa Anda praktekkan. Anda tidak perlu berpikir keras untuk membuat kata kata promosi yang memikat bahkan bisa berhasil. Cukup ikuti langkahnya dan praktekan tiap hari, secara perlahan Anda akan bisa membuat copywriting yang bagus untuk menjual produk Anda.

Cari iklan iklan terbaik

Cara terbaik untuk membuat kata kata promosi yang berhasil adalah dengan melihat para pendahulu juga kompetitor. Cari dan kumpulkan berbagai jenis iklan yang berbentuk tulisan yang menurut Anda terbaik. Anda bisa memanfaatkan berbagai media, mulai dari internet hingga iklan iklan yang ada di jalanan.

Belajar dari iklan-iklan terbaik menurut Anda adalah cara juga untuk belajar terbaik. Jika iklan tersebut menurut Anda bagus dan Anda tertarik dengan gaya penawarannya, segera dokumentasikan. Jika Anda saja bisa tertarik, bisa jadi orang lain merasakan hal yang sama.

Baca juga: Banjir Order di Facebook Gara-Gara Copywriting, Pelajari Tekniknya di sini!

Simpan iklan tersebut dalam satu folder

Fungsi mengumpulkan iklan iklan ini adalah sebagai bank ide untuk Anda. Tidak ada ide, tidak akan ada tulisan. Anda pun jika membutuhkannya sewaktu-waktu bisa melihat kembali. Bank ide ini menjadi referensi bagi Anda.

Terlebih bagi Anda yang masih pemula, referensi tentu penting. Oleh sebab itu, Anda perlu menyimpan file atau foto iklan dalam satu folder. Agar tidak tercecer, Anda juga bisa dengan mudah menemukan file yang Anda butuhkan.

Lihat dan pelajari

Setelah mengumpulkan dan menyimpan file file iklan tersebut, coba lihat dan pelajari. Lihat lebih jauh, bisakah Anda menarik benang merah dari semua konten. Sebut saja konten-konten yang Anda kumpulkan memiliki kata-kata yang sederhana, singkat dan padat.

Jika sudah bisa menyimpulkan, Anda bisa langsung membuat konten serupa yang memiliki kriteria seperti yang Anda sudah cari tahu. Cari tahu juga, apa yang membuat Anda tertarik dengan suatu iklan. Dari sejumlah kriteria tersebut, Anda bisa membuat satu iklan yang memiliki banyak kriteria.

Tiru dan modifikasi

Jika Anda ingin belajar, cara terbaik adalah dengan meniru. Sejak kecil kita memang peniru yang ulung, sama halnya juga dengan belajar membuat iklan. Tetapi yang perlu di garis bawahi bahwa, Anda tidak bisa plek-plekan meniru.

Lakukan juga modifikasi ketika meniru suatu karya. Jangan benar-benar sama mulai dari kata hingga gambarnya. Iklan yang Anda kumpulkan hanya sebagai referensi dan acuan saja, jangan hanya mau enak cuma ganti kata-kata dengan nama brand Anda.

Memodifikasi karya berarti membuat sesuatu yang lebih baru dan berbeda dari yang aslinya. Proses modifikasi karya ini juga menjadi ajang Anda berkreasi. Menjadi kreatif dan berinovasi sebaik mungkin menciptakan kata kata promosi merupakan proses tiru dan modifikasi.

Jangan melulu fokus jualan

Membuat kata-kata promosi juga jangan fokus pada jualan semata. Berikan informasi yang berguna buat konsumen. Ketimbang memberikan janji-janji palsu, lebih baik infokan keunggulan atau manfaat dari produk  yang Anda jual.

Orang yang membaca pun mendapat informasi yang berkaitan dengan produk Anda, bukan hanya membaca iklan yang benar-benar hanya obral janji untuk menarik pembeli. Hal yang perlu Anda ketahui juga, ada sejumlah cara beriklan yang tidak ada penawaran untuk membeli tetapi justru banyak yang tertarik.

Salah satu tekniknya ialah covert selling. Teknik ini juga masih berhubungan dan tidak lepas dari copywriting. Teknik covert selling sendiri ialah teknik berjualan secara tersembunyi. Tidak ada penawaran untuk membeli, Anda hanya perlu menyebut saja produk atau brand Anda.

Posting, tunggu reaksi, dan evaluasi

Setelah kata kata promosi dibuat, Anda bisa langsung mempostingnya di media-media jualan yang Anda gunakan. Coba lihat reaksi calon konsumen Anda akan iklan promosi yang Anda buat. Apakah responnya positif, negatif atau justru tidak ada respon sedikitpun.

Jika responnya baik, berarti kata kata promosi yang anda buat berhasil. Jika mendapat respon negatif, setidaknya ada yang merespon iklan Anda. Hal yang perlu Anda khawatirkan justru ketika tidak ada respon sama sekali, berarti iklan yang Anda buat sama sekali tidak menarik bagi calon konsumen Anda.

Lakukan evaluasi, kira-kira apa yang salah dengan kata kata promosi yang Anda buat. Jangan berkecil hati, terlebih jika masih percobaan pertama.

Baca juga: Apa Itu Copywriting? Teknik Closing Tanpa Tatap Muka

Lakukan setiap hari

Jika ingin handal, Anda perlu melakukan hal ini setiap hari. Tidak ada cara lain untuk menjadi handal selain berlatih dari hari ke hari. Dengan berlatih setiap hari, kata kata promosi Anda bisa semakin baik dari waktu ke waktu.

Tidak perlu buang waktu hanya untuk latihan semata, tetapi latihan yang Anda lakukan bisa juga menjadi konten promosi setiap hari di akun media jualan Anda. Jadi sekali dayung, dua tiga pulau bisa dilalui sekaligus. Anda bisa mendapat konten dan update akun media jualan Anda sekaligus latihan untuk membuat kata kata promosi yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *