Strategi Content Marketing yang Dilakukan Gary Vaynerchuk, Wajib Anda Terapkan!

0
100
strategi content marketing

Content Marketing – Siapa yang tak kenal dengan Gary Vaynerchuk atau dikenal dengan nama panggung  Gary Vee. Digital marketer yang sukses dengan bisnisnya ini juga merupakan pembicara juga motivator dalam dunia bisnis.

Karena bisnisnya yang berhasil, Gary Vee sendiri ikut melambung tinggi menjadi sosok yang menginspirasi dan diidolakan banyak orang. Berhasil membuat banyak perusahaan berhasil dengan strategi marketing yang dibuatnya, Gary Vee sendiri menerapkan trik sederhana berkaitan dengan content marketing untuk mempromosikan dirinya.

Jika Anda mengikuti sosoknya, ia adalah orang yang aktif membagikan konten-konten bermanfaat baik mengenai motivasi atau mengenai dunia bisnis dalam akun sosial medianya. Semua akun sosial medianya pun di update setiap hari. Namun bagaimana Gary Vee membuat konten tersebut padahal waktu yang dimilikinya banyak diisi berbagai acara dan kesibukan.

Kali ini, mari kita bahas rahasia seorang internet marketer kelas dunia mengelola sosial media dan websitenya dengan strategi content marketing.

Membuat satu konten dengan durasi panjang

Aktif sebagai pembicara bahkan masuk dalam daftar pembicara termahal, Gary Vee tentu selalu mendapat undangan sebagai seorang yang terbilang ahli dalam bidangnya. Selain memiliki rekaman acara yang berdurasi panjang seperti rekaman keynotes, Gary Vee juga memiliki sesi Vlog, Q&A dalam channel Youtubenya juga podcast.

Konten dengan durasi panjang ini bukan tanpa alasan ia buat, paling tidak videonya berdurasi mulai 30 menit hingga lebih dari 60 menit. Dengan membuat konten durasi panjang inilah, timnya membuat konten yang lebih pendek atau dalam bentuk lain yang sumbernya berasal dari konten utama ini.

Sehingga Gary Vee tidak perlu meluangkan waktunya untuk membuat konten yang berbeda untuk tiap media yang dimiliki. Anda pun tentu tak perlu repot untuk melakukan brainstorming yang berkaitan dengan konten untuk tiap media yang berbeda.

Memotong konten durasi panjang menjadi lebih pendek

Bersumber dari konten berdurasi panjang, tim dari Gary Vee memotongnya menjadi tiap bagian berbeda. Konten durasi pendek ini kemudian dibagikan ke semua sosial media yang dimiliki sesuai karakteristik konten.

Bentuk konten pun beragam bisa menjadi video, gambar, quote, meme atau hanya rekaman suara. Dengan begitu, semua sosial media tetap terupdate walaupun dari sumber konten yang sama.  

Baca juga: Pengusaha Tanpa Riba: Hidup Makin Hebat, Bisnis Makin Kuat

Tujuannya agar Anda tidak perlu secara reguler memproduksi konten baru untuk tiap media setiap harinya. Jika bisa bisa bekerja lebih cepat namun dengan hasil yang sama baiknya mengapa harus membuat konten berbeda?

Merubah konten video menjadi podcast

Tahun 2018 lalu, konten rekaman suara atau dikenal dengan podcast mulai digemari kembali banyak kalangan. Pembuat konten podcast pun bermunculan dan bukan sekedar numpang tenar semata tetapi hadir tetapi dari segi konten juga berkualitas.

Hal ini pula yang dilakukan Gary Vee, konten-konten videonya juga dirubah menjadi bentuk podcast. Tujuannya agar semua kalangan meskipun tidak senang satu media tertentu, penikmat konten ini tetap bisa menikmatinya. Meski Youtube populer tetapi ternyata ada juga orang yang tidak begitu menikmati konten visual dan lebih senang mendengar. Hal inilah yang coba juga disentuh seorang Gary Vee.

Baca juga: Wa Marketing Menggunakan Teknik Funneling

Mencontoh Gary, Anda selaku pebisnis tentunya harus memperhatikan konsumen Anda sehingga semua kalangan bisa menikmati konten yang Anda buat meskipun dengan berbagai bentuk konten baik visual, audio, dan audiovisual.

Merubah konten visual menjadi artikel

Konten berbentuk tulisan memang selalu ada peminatnya. Maka dari itu, Anda harus tetap membuat konten tulisan. Tak harus baru, Anda bisa mencontoh Gary Vee yang membuat konten-konten artikel yang bersumber dari video-video durasi panjang yang dibuat sebelumnya. Tak hanya itu, Gary Vee pun membagikan konten artikelnya di sejumlah media lain seperti Quora dan Twitter untuk meningkatkan traffic pengunjungnya.

Baca juga: Perbedaan Sales dan Marketing yang Perlu Anda Ketahui

Strategi content marketing yang dilakukan Gary Vee tentu bisa diadaptasi baik bagi individu yang ingin membangun branding atau juga korporasi. Hal ini tentu sah-sah saja dilakukan. Bukan berarti tidak kreatif tetapi kerja lebih cepat dan lebih cerdas. Mengapa membuat waktu lebih banyak jika hasilnya pun tidak akan jauh berbeda. Kelebihan dari strategi konten marketing seperti ini, semua target market Anda bisa tersentuh meski pun tiap media yang digemari berbeda dari satu orang ke orang yang lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here