Cara Promosi Produk Terbukti Berhasil Pakai 7 Jenis Headline Ini

Posted on

Cara Promosi Produk – Dalam copywriting, headline adalah hal yang sangat penting. Headline pada sebuah postingan produk atau artikel bisa berpengaruh pada hasil baik konversi atau jumlah view.

Bahkan Dewa Eka Prayoga menyebut jika ia akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk membuat headline ketimbang isi kontennya sendiri. Alasannya sederhana, banyak dari pengguna internet yang membaca headline terlebih dahulu sebelum memutuskan membaca konten sampai selesai.

Sebut saja jika ada dua postingan, postingan pertama memiliki headline biasa-biasa saja dan postingan kedua mempunyai headline yang menarik dan membuat Anda ingin membacanya. Hasilnya, tentu Anda akan membaca postingan kedua bukan?

Baca juga: 3 Buku yang Membahas Cara Promosi Online Shop di Facebook

Oleh karena itu, headline menjadi faktor penentu apakah konten akan dibaca sampai habis atau tidak. Ketika konten tidak dibaca, maka jangan harap ada orderan. Untuk membuat lebih banyak orang mau membaca postingan Anda, berikut adalah tujuh headline yang bisa Anda manfaatkan sebagai cara promosi produk di berbagai media online.

Sebutkan Benefit Produk

Jenis headline yang paling sering digunakan adalah menyebutkan keuntungan produk. Tipe satu ini memang cocok untuk promosi segala jenis produk tak hanya online tetapi juga offline. Ada dua kategori headline dengan memanfaatkan benefit produk yakni secara psikologis dan ekonomis.

Benefit psikologis lebih menggangkat topik keinginan, kebutuhan atau masalah yang dihadapi konsumen Anda. Contoh kata-kata yang sering digunakan untuk menyampaikan keuntungan psikologis seperti CARA, LANGKAH, STRATEGI, dan JURUS.

Baca juga: Macam Macam Iklan di Dunia Online yang Harus Anda Coba

Benefit secara ekonomis merupakan headline untuk menarik konsumen dengan menyebutkan keuntungan ekonomis. Kata-kata yang sering digunakan untuk menyebutkan keuntungan ekonomis sebut saja GRATIS, PROMO, HEMAT, dan DISKON.

Kalimat seperti “Gratis Satu Piring Cantik Untuk Pembelian Hari Ini” ialah salah satu headline yang menawarkan keuntungan secara ekonomis.

Headline ala Gaya Berita

Cara promosi produk dengan menggunakan headline jenis berita bisa Anda manfaatkan untuk momen tertentu. Contohnya seperti memperkenalkan produk saat launching pertama kali dan mengeluarkan produk baru. Saat mengumumkan suatu event juga Anda sangat disarankan untuk menggunakan gaya headline jenis ini.

Anda bisa mencontoh headline-headline yang ada di berita-berita online dan modifikasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Penekanan pada gaya berita untuk headline lebih pada memberikan informasi dan pemberitahuan.

Contoh headline dengan gaya berita yang bisa Anda tiru: “Launching Buku Terbaru Eksklusif Bersama Penulis.”

Baca juga: Cara Beriklan di Facebook yang Bikin Jualan Makin Laris

Menarget Orang Tertentu

Maksud headline menarget orang tertentu yakni memberikan penawaran yang menarik untuk meningkatkan penjualan hanya pada orang-orang tertentu. Anda bisa menarget konsumen secara spesifik dengan menggunakan gaya ini.

Misalnya hanya pada member, hanya gender tertentu bahkan pada profesi yang spesifik. Anda tentu sering mendapat promosi produk ketika status Anda masih pelajar atau mahasiswa. Cara promosi produk tersebut tentu menarget orang dengan kriteria tersendiri. Headline jenis ini juga disebut dengan selective headline.

Berikan Pertanyaan

Memberikan pertanyaan pada konsumen pun bisa Anda jadikan headline untuk postingan di sosial media bisnis Anda. Namun, pastikan pertanyaan yang Anda ajukan jawabannya hanya satu kata seperti ya atau tidak, sudah atau belum, tahu atau tidak. Tujuan dari headline pertanyaan untuk membangun brand, awareness, dan interaksi dengan pembaca.

Selain tujuh headline yang dibahas dalam artikel ini, Anda bisa mempelajari jenis headline lainnya dalam buku Easy Copywriting. Semua materi yang berkaitan dengan cara promosi produk secara online bisa Anda dapatkan dalam buku ini.

Teknik copywriting untuk meningkatkan penjualan pun bisa Anda pelajari. Dengan harga Rp 247.000, Anda sudah bisa mendatangkan banyak orderan dari media sosial dengan gaya copywriting berdasarkan pengalaman sukses Dewa Eka Prayoga.

Lakukan pemesanan sekarang dengan klik gambar dibawah ini!

Gunakan Gimik

Memakai gimik untuk headline sebenarnya sangat lumrah. Dalam hal ini terlebih dahulu pahami jika gimik memiliki makna permainan kata dan kalimat. Dengan memainkan kata dan kalimat, Anda bisa menggulang bunyi, menimbulkan efek terkejut dan menipu namun dalam konteks positif.

Pernah membaca headline yang dimulai dengan kalimat “benar-benar kecewa”, padahal isi konten justru berkebalikan dengan headline yang malah memuji-muji suatu produk atau jasa. Konten tersebut menggunakan gaya gimik yang membuat Anda tertarik di awal tetapi justru sebenarnya setelah selesai membaca Anda justru merasa tertipu diakhir.

Menakut Nakuti Konsumen

Kapan lagi Anda bisa menakut-nakuti orang tetapi dengan cara positif? Dengan gaya headline satu ini, Anda bisa seolah-olah membuat takut konsumen jika melewatkan penawaran atau produk yang Anda jual. Harapannya orang yang Anda takuti menuruti apa yang Anda ucapkan.

Contoh headlinenya seperti “Jangan Sampai Menyesal, Produk Hanya Tersedia 50 Buah.” Headline tipe ini baiknya Anda gunakan untuk memberikan kepastian, keamanan dan kesehatan bagi konsumen. Jika produk Anda ada di salah satu topik tersebut, gaya headline satu ini bisa Anda maksimalkan.

Baca juga: Cara Membuat Iklan di Facebook Ads yang Menarik dan Viral

Pernyataan Sepihak

Inti dari headline pernyataan sepihak, Anda seakan-akan membuat pernyataan mengaku-ngaku dan menyatakannya secara sepihak. Tidak ada salahnya jika Anda mengaku-ngaku memiliki produk yang difavoritkan, merasa pelayanan paling baik dan paling cepat.

Manfaatnya agar konsumen percaya dan tertarik dengan produk Anda yang lebih unggul dari produk kompetitor. Hal yang harus diingat, Anda jangan pernah berbohong tapi disesuaikan dengan kenyataan yang ada. Jika layanan Anda fast respon, Anda bisa menyatakan layanan Anda yang tercepat. Jangan asal klaim jika tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan.

Masih kurang puas dengan materi cara promosi produk menggunakan jenis-jenis headline di atas? Anda bisa bergabung dengan grup Facebook Billionaire Store Acemy bersama para pebisnis-pebisnis lainnya. Klik gambar di bawah ini untuk bergabung.

Gravatar Image
Billionaire Store adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penulisan. Percetakan dan Penerbitan buku buku bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *