Cara Promosi di Instagram, Praktis dan Terbukti Laris

0
15787
Cara Promosi di Instagram

Apakah selama ini Anda jualan tapi omset belum meningkat sama sekali? Sudah punya Instagram tapi tidak tahu cara memaksimalkannya? Atau tidak tahu bagaimana cara promosi di Instagram? Jika iya, Anda wajib baca sampai akhir.

Kenapa sih, Anda harus buka toko online di Instagram? Satu fakta menariknya adalah lima puluh persen user Instagram terbiasa melakukan riset produk di media sosial. Itu artinya, pengguna Instagram memang doyan melihat-lihat barang di jagat maya.

Nah, tugas Anda disini adalah bagaimana menggiring mereka tidak hanya berlalu lalang di toko Anda. Tapi juga melakukan pembelian. Bagaimana caranya? Satu diantaranya adalah melalui promosi.

Cara Promosi di Instagram: Endorsement

Yups, endorsement. Cara promosi Instagram yang paling sering dan banyak digunakan, hampir  oleh semua pemilik olshop, mulai dari skala menengah, hingga industri bisnis besar.

Endorsement sendiri merupakan salah satu teknik promosi yang mengandalkan kepopuleran sebuah publik figur. Tidak hanya dari kalangan artis saja, tapi juga muncul istilah lain yang disebut selebgram. Adalah mereka yang memiliki followers banyak dan terkenal di kalangan para pengguna Instagram.

Para selebgram inilah yang kemudian dijadikan acuan, terutama oleh kaum milenial, ketika hendak berbelanja suatu produk. Oleh karena itu, semakin banyak jumlah followersnya maka kesempatan Anda untuk menjangkau lebih banyak pelanggan, juga semakin besar.

Akan tetapi, hal tersebut juga tidak bisa Anda jadikan sebagai acuan satu-satunya saat memutuskan untuk bekerjasama dengan sebuah pihak endoser. Ada hal lain yang perlu Anda perhatikan pula, salah satunya adalah engagement.

Percuma, jika followers banyak tapi aktivitas like dan komennya sangatlah sedikit. Bahkan tidak ada engagement sama sekali. Bukannya mendatangkan profit, tapi hanya akan membuat keuangan usaha Anda jebol. Iya, jebol karena investasi yang Anda keluarkan untuk membayar jasa endoser berakhir sia-sia.

Lantas, apakah jasa endoser ini efektif? Apakah semua olshop harus menggunakan jasa para selebgram itu?

Balik lagi ke diri Anda dan kemampuan bisnis Anda sendiri. Jika memang modal usaha yang Anda miliki cukup kuat dan mampu membayar jasa endoser profesional, bukan abal-abal, tentu tidak akan jadi masalah jika Anda ingin menggunakan jasa mereka.

Tapi jika belum siap, sebaiknya memilih cara lain. Salah satu alteratifnya adalah dengan meraih dan mengumpulkan sebanyak-banyaknya follower tertarget. Bukan hal yang tidak mungkin, hasilnya akan jauh lebih baik dibanding menggunakan jasa selebgram.

Toh, meng-endorse selebgram tidak akan menjamin seratus persen produk yang Anda jual bakal langsung laku.

Mengenal Karakter Konsumen Instagram

Cara lain agar promosi di Instagram Anda laris manis adalah dengan mengenal karakteristik pasar. Ada dua karakter konsumen di Instagram, yaitu:

Instagram Addict

Atau istilan kerennya adalah pengguna Instagram akut. Tak heran, mereka sangat familiar dengan fitur dan fasilitas yang tersedia di Instagram. Paling minimal mereka paham apa itu direct message (dm), caption dan tentu saja paham dengan hashtag atau tagar (#).

Mereka akan mengetikan hashtag nama produk yang mereka butuh ketika sedang mencari produk tertentu di Instagram. Contoh, ketika mereka mencari jaket parka cewek, secara otomatis mereka akan mengetikan keyword di kolom pencari #jacketparkacewek.

Lalu, bagaimakah cara menggaet konsumen dari kalangan Instagram Addict?

Mengingat mereka adalah user yang sudah teredukasi, usahakan postingan Anda muncul di Top Post (post terpopuler). Atau paling minimal muncul di halaman recent post (postingan terbaru). Dengan begitu, calon pelanggan bisa dengan mudah menemukan produk bisnis Anda.

Salah satu syarat untuk masuk top post adalah konten yang Anda sajikan harus ramai dikunjungi, disukai, dan dikomentari oleh para pengguna Instagram.

Newbie

Berbeda dengan Instagram addict, user yang satu ini hanya menggunakan Instagram secara temporer. Mereka biasanya hanya buka sewaktu-waktu saja ketika sedang butuh, ada waktu senggang atau pas lagi bete saja.

Makanya, mereka tidak kenal semua fitur yang disediakan Instagram apalagi fitur-fitur yang baru diperbarui. Bahkan sebagian dari mereka ada yang tidak tahu, jika hashtag bisa digunakan untuk mencari produk.

Dan mereka cenderung akan mengetikan langsung keyword produk atau brand di kolom pencari. Seperti jaket parka wanita. Kenapa demikian? Karena ia memang tidak familiar dengan istilah hashtag.

Nah, ketika mereka mengetikan kata kunci di atas, maka di halaman pencarian akan muncul beberapa pilihan dibawah ini:

  1. Akun yang menggunakan kata kunci diatas
  2. #jacketparkawanita
  3. Lokasi yang menggunakan kata kunci diatas

Jika ternyata ia memilih mengetuk pada #jacketparkawanita maka Anda harus usahakan postingan muncul di halaman top post. Jika ia memilih mengetuk pada pilihan lokasi, maka pastikan lokasi itu adalah milik Anda.

Tapi jika, ia memilih mengetuk pada daftar akun yang disajikan di sana, maka pastikan akun Anda muncul di deretan akun direkomendasikan terdepan.

Ingin tahu rahasia jualan laris lainnya? Bagaimana memaksimalkan Instagram menjadi kolam penghasilan? Cara riset kata kunci, yang bikin toko mudah dicari oleh calon pelanggan Anda? Bagaimana management posting yang bikin mudah viral?

Simak penjelasan detailnya di buku Login Instagram. Kuasai dan pahami ilmunya, dan siap-siap omset Anda melesat dengan cepat. Dapatkan bukunya sekarang juga. Klik Gambar dibawah ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here