Cara Promosi di Google

0
14
Cara Promosi Di Google
Cara Promosi Di Google

Cara Promosi di Google – Perkembangan teknologi dan informasi memberikan kemudahan dan peluang yang begitu besar bagi para pelaku usaha maupun calon pengusaha.

Saat ini sudah banyak para pelaku bisnis dari kalangan pemula sampai masyarakat awam mulai melirik internet sebagai sarana bisnis untuk menghasilkan keuntungan yang besar kedepannya.

Hal ini menjadi bukti nyata bagi kita semua bahwa kesempatan mengembangkan bisnis di internet semakin lebar. Tidak heran bila kini persaingan pasar bisnis di internet mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Pada dasarnya ada berbagai macam cara yang bisa para pelaku bisnis gunakan untuk mempromosikan produk mereka melalui dunia maya. Salah satunya dengan memanfaatkan Google.

Siapa yang tidak kenal dengan mesin pencari no 1 ini? Mayoritas orang pasti sudah kenal dengan nama ini. Google merupakan media yang cukup efektif untuk melakukan branding produk Anda.

Sekarang lebih dari 80 % pengguna internet mengakses Google untuk mencari beragam infromasi yang mereka butuhkan termasuk mencari produk yang mereka inginkan. Banyak orang yang menganggap Google sebagai guru mereka, karena segala macam hal bisa mereka dapatkan dengan bantuan mesin pencari tersebut.

Nah, apakah bisnis Anda sudah menggunakan pemasaran online? Jika sudah, berarti Anda telah melakukan hal yang benar. Jika belum, Maka sudah saatnya Anda untuk mulai mempelejarai bagaimana caranya untuk memasarkan produk dari bisnis Anda secara online. Karena pemasaran secara online bukanlah tren, melainkan masa depan.

Bagaimana Mulai Cara Promosi Di Google?

Berikut adalah langkah-langkah awal untuk memulai memasarkan produk secara online atau lebih tepatnya cara promosi di Google:

Buat Website

Pertanyaannya kenapa harus membuat website? Bukankah hanya dengan bermodalkan media sosial saja kita bisa langsung mempromosikan produk kita? Bahkan sudah banyak yang bisa menghasilkan omset ratusan juta hanya dengan bermodalkan Facebook dan Instagram.

Nah, masalahnya sampai kapan kah Facebook dan Instagram akan bertahan? Media sosial itu ibarat pameran di dunia maya, yang namanya pameran pasti akan berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Tren sosial media akan terus berganti.

Seperti halnya sosial media Path yang kini sudah ditinggalkan para penggunanya, hingga akhirnya dihapus. Begitu juga dengan sosial media yang ada saat ini, tidak menutup kemungkinan kedepannya akan ada media sosial baru lainnya.

Karena itu  Anda perlu memiliki website, sehingga ketika tren sosial media tersebut berakhir, pelanggan di sosial media tahu kemana mereka harus mencari Anda.

Lakukan Promosi 

Setelah Anda mempunyai website sendiri silahkan promosikan dengan berbagai cara. Bisa Anda promosikan lewat media sosial, group chat dan media lainnya. Ada 2 teknik promosi yang bisa Anda gunakan:

Promosi Berbayar

Ya, promosi ini mengharuskan Anda untuk mengeluarkan biaya promosi, jika Anda menginginkan promosi online yang cepat membuahkan hasil, gunakan layanan promosi berbayar. Berikut beberapa promosi berbayar yang bisa Anda pilih :

  1. Google Adwords

Salah satu rekomendasi untuk promosi berbayar adalah Google Adwords, yaitu layanan iklan berbayar milik Google. Dengan menggunakan Google Adwords, website Anda akan muncul di halaman satu pencarian tanpa melalui proses panjang. Namun, kelemahan dari layanan ini adalah Anda harus terus membayar, ketika budget habis, maka saat itu juga website hilang dari halaman pencarian.

2. Facebook Ads

Yang satu ini adalah layanan iklan milik Facebook, hebatnya layanan ini, Anda bisa memfilter siapa saja orang yang dapat melihat iklan Anda. Baik dari segi usia, lokasi bahkan sampai ke tipe gadget yang digunakan. Selain kedua layanan di atas, masih banyak lagi layanan promosi berbayar yang bisa Anda gunakan.

Selain kedua layanan di atas, masih banyak lagi layanan promosi berbayar yang bisa Anda gunakan.

Promosi gratis

Promosi cara gratis tidak kalah hebatnya dengan cara berbayar, hanya saja butuh waktu, konsistensi dan kesabaran hingga mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

Jika pada promosi berbayar yang Anda korbankan adalah uang, pada promosi gratis Anda harus mengorbankan waktu dan tenaga Anda untuk melakukannya.

Berikut beberapa cara promosi gratis yang bisa Anda lakukan:

  1. Sosial media

Saat ini ada tiga sosial media yang sangat baik untuk pemasaran online yaitu Facebook, Instagram dan Youtube. Caranya, bangun akun bisnis Anda dan mulai memberikan konten-konten bermanfaat yang sesuai dengan bisnis Anda.

Jangan dulu berpromosi, berbagilah lebih dulu. Ketika pengikut sosial media Anda sudah banyak, disitu saat yang tepat untuk promosi.

2. Instant Messenger

Instant messenger yang bisa Anda gunakan untuk promosi saat ini adalah Telegram. Pilihan lainnya Anda bisa menggunakan WhatsApp.

SEO (Search Engine Optimization)

Inilah cara promosi terbaik yang bisa Anda lakukan. Ada banyak keuntungan dan kelebihan jika melakukan promosi menggunakan teknik SEO. Apa itu SEO? Adalah sebuah teknik untuk mengoptimasi website agar muncul di halaman pertama mesin pencari atau browser.

SEO sendiri merupakan strategi pemasaran online yang paling populer dan powerful dalam digital marketing. Penggunaan strategi SEO yang tepat dapat meningkatkan kemajuan dari sebuah bisnis.

Sebagai contoh, untuk bisnis ‘toko baju pria’, apabila ingin berada di halaman pertama saat orang mencari kata ‘toko baju pria’ di mesin pencari (seperti Google, Yahoo, atau Bing), bisnis tersebut harus menggunakan SEO.

Masalahnya adalah tempat di halaman pertama hasil pencarian (Search Engine Result Page – SERP) terbatas. Kurang lebih terdapat 10 tempat. Sedangkan setiap pemilik bisnis ingin agar bisnis mereka berada di halaman 1 hasil pencarian. Disinilah adalah bagian penerapan strategi SEO.

Mesin pencari menggunakan algoritma tertentu untuk mengurutkan website-website berdasarkan rangking. Dengan mempraktekkan SEO, berarti kita menyesuaikan website kita agar bersahabat dengan algoritma tersebut.

Dalam pengaplikasian SEO dan memahami cara kerjanya ada beberapa hal yang perlu di perhatikan diantaranya:

Riset Kata kunci

Keyword atau kata kunci adalah rangkaian kata yang diketikkan user di halaman pencarian untuk mencari informasi yang mereka inginkan.

Mengapa harus riset kata kunci? Penentuan kata kunci merupakan hal paling vital dalam mengoptimalkan mesin pencari, jika salah menentukan kata kunci maka proses panjang optimasi yang Anda lakukan selanjutnya akan sia-sia.

Oleh karena itu, riset sangat dibutuhkan agar Anda tidak salah dalam menentukkan kata kunci yang ingin Anda targetkan pada website.

Website

Website memiliki peranan penting dalam SEO. Dalam pembuatan website, Anda perlu membuat website yang Search Engine Friendly (SEF). Jika kinerja website buruk seperti kecepatan aksesnya lambat, sering down dan eror lainnya maka, jangan harap website bertahan lama di halaman pencarian Google.

Itu dia cara promosi di Google yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnis yang sedang dirintis. Mau tahu penjelasan detailnya? Bisa Anda baca dan pelajari di buku Jualan Laris dari Google. Klik gambar di bawah ini, untuk mendapatkannya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here