Cara Mengatur Waktu Untuk Karyawan yang Berbisnis

0
71
Cara mengatur waktu

Tidak dipungkiri jika banyak pegawai yang memiliki bisnis sampingan. Apalagi di zaman sekarang dimana memiliki bisnis menjadi semakin mudah. Hal yang menjadi permasalahan, banyak pegawai yang juga ingin memiliki bisnis tetapi belum tahu cara mengatur waktu yang tepat.

Bagaimana tidak kesulitan karena menjadi pegawai umumnya sangat menyita waktu. Bekerja mulai pagi hingga sore saja sudah membuat lelah, apalagi jika ditambah memiliki bisnis tambahan. Tetapi jika banyak yang sudah berhasil, mengapa Anda tidak mencobanya. Mulai saja dengan bisnis kecil-kecilan yang modal dan resikonya relatif kecil. Soal cara mengatur waktu, Anda bisa menerapkan sejumlah tips berikut ini.

Buat Target Setiap Harinya

Memiliki target membuat Anda harus melakukan suatu pekerjaan untuk mencapai apa yang sudah Anda tentukan. Buat target untuk menyelesaikan setiap pekerjaan di kantor dan juga untuk bisnis yang sedang Anda rintis. Memiliki target yang jelas bisa membuat Anda mengerjakan pekerjaan yang jelas juga, sehingga ini adalah cara mengatur waktu yang terbilang cukup efektif.

Penuhi setiap target harian yang Anda buat agar ada progres yang terlihat. Usahakan terus bisa mencapai target harian. Jangan sampai Anda justru terlalu fleksibel dengan target yang Anda buat dan justru nantinya malah tidak membuat kemajuan sedikitpun. Target juga harus ditentukan dengan kemampuan Anda, jangan asal menentukan target tetapi tidak rasional.

Baca juga: Mengawali Bisnis Sebagai Reseller, Dua Wanita Ini Bisa Beli Rumah

Buat Jadwal yang Teratur

Membuat jadwal juga bisa membantu Anda lebih disiplin dalam mengerjakan pekerjaan. Untuk sukses memang Anda perlu memiliki jadwal yang teratur. Meski berambisi untuk memiliki bisnis, jangan sampai abaikan pekerjaan kantor. Hal ini tentu tidak baik jika bisnis Anda justru mengganggu pekerjaan full time Anda.

Jika Anda memiliki jadwal, pekerjaan kantor dan pekerjaan yang berkaitan dengan bisnis bisa tidak tercampur. Kuncinya Anda harus disiplin, percuma jika sudah membuat jadwal tetapi Anda masih bekerja sesuai mood tanpa menghiraukan jadwal.

Kerja Cerdas dan Cepat

Usahakan untuk selalu bekerja cerdas dan cepat. Selalu cari cara untuk menyelesaikan pekerjaan dengan hasil maksimal tetapi dengan lebih cepat. Jika bisa cari tools-tools yang sekiranya bisa membantu pekerjaan Anda baik pekerjaan kantor atau untuk membantu menjalankan bisnis Anda.

Jika sekiranya bisnis sudah cukup berkembang, mulai saja mencari-cari orang untuk membantu mengurus hal-hal teknis dalam bisnis Anda. Jangan sampai semua Anda kerjakan tetapi bisnis tidak mengalami kemajuan yang pesat.

Baca juga: Omzet 10 Juta di Bulan Pertama Menjadi Reseller

Jangan Menunda Pekerjaan

Menunda pekerjaan berarti Anda memperlambat proses pekerjaan dan kemajuan bisnis Anda. baik bagi pebisnis atau karyawan, menunda pekerjaan adalah musuh bersama. Jika sudah memutuskan untuk menjadi karyawan yang memiliki bisnis, pekerjaan Anda tentu menjadi berlipat tetapi disisi lain, pemasukan juga menjadi berlipat.

Jika beban pekerjaan makin banyak, sekali menunda Anda justru menabung pekerjaan yang jauh lebih banyak untuk esok hari. Biasakan disiplin, bekerja sesuai jadwal dan mencapai target harian tanpa menunda-nunda pekerjaan.

Atur Prioritas

Cara mengatur waktu selanjutnya adalah, mengatur prioritas. Hal ini penting dilakukan jika Anda harus memikirkan dua hal penting sekaligus. Prioritaskan lebih dulu pekerjaan kantor selama jam kantor, jangan sampai Anda sesekali mengurus bisnis saat jam kantor. Begitu pun sebaliknya, usahakan jangan mengerjakan pekerjaan kantor selama berada di rumah.

Prioritaskan juga hal-hal yang lebih penting dan dampaknya jauh lebih besar pada pekerjaan atau bisnis Anda. Fokus juga mengerjakan hal-hal yang Anda bisa, jangan terlalu lama berkutat pada hal yang sulit sehingga membuat banyak waktu terbuang.

Baca juga: Kisah Reseller Sukses yang Akhirnya Memiliki Bisnis Sendiri

Lima hal di atas semoga bisa membantu Anda mengetahui cara mengatur waktu bagi para karyawan yang ingin memulai bisnis. Membagi fokus pada dua hal memang gampang-gampang susah, tetapi selama Anda bisa mengatur waktu dan tetapi disiplin mengejar target yang Anda buat Anda bisa sukses berbisnis dan tetap bekerja sebagai karyawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here