Cara Menentukan Target Pasar

Cara Menentukan Target Pasar untuk Bisnis Anda

Posted on

Cara Menentukan Target Pasar – Sebelumnya Anda pernah tidak sobat bertanya pada diri sendiri, “kok produk saya tidak laku-laku ya?” Atau “sudah ngiklan sana sini masih tetap saja belum ada yang beli?” Padahal produk sobat sudah dikemas dengan sangat baik dan menarik, terus udah bikin promo harga juga yang sesuai di pasaran. Jadi apa yang yang salah dong?

Berdasarkan pengalaman, biasanya produk tidak laku karena beberapa hal berikut:

  1. Kualitas produk buruk alias tidak sesuai yang diharapkan.
  2. Harganya tidak masuk dalam rentang toleransi pembeli. Sederhananya harga tidak sesuai dengan kualitas produknya.
  3. Target marketnya kurang tepat. Penjual hanya asal promo saja tapi tidak tahu konsumen mana yang butuh produk.
  4. Cara promosinya kurang tepat. Untuk poin ini biasanya gara-gara penjual tidak mengerti jenis marketnya (cold, warm, hot).

Anda mungkin pernah mendengar 4P of Marketing? Teori yang sudah sangat populer di dunia marketing yakni Product, Price, Place, dan Promotion.

Baca juga: Wa Marketing Menggunakan Teknik Funneling

Dalam menjalankan bisnis atau menjual produk, 4P ini harus saling dukung. Jangan sampai ada kekurangan di 4P itu karena setiap poin saling bergantung dan saling mempengaruhi.

Mengenal Target Market Dengan Membuat Buyer Persona

Kali ini mari kita bahas soal buyer persona agar bisa lebih dekat dan kenal siapa target market Anda. Persona di sini itu maksudnya adalah orang-orang yang menjadi bidikan target market ideal Anda.

Jadi Anda bisa membayangkan siapa dan seperti apa pembeli ideal untuk setiap produk Anda. Untuk membuat buyer persona, Anda harus menyiapkan waktu untuk sejenak untuk membayangkan dan menuliskan siapa sebenarnya target market Anda.

Baca juga: Perbedaan Sales dan Marketing yang Perlu Anda Ketahui

Hal ini mungkin terlihat mudah, tetapi coba baca artikel ini hingga beres. Poin yang jadi masalah, banyak orang yang bingung cara membuatnya bagaimana. Penjual yang hebat itu bisa sukses karena tahu marketnya siapa, yang bagaimana, tempatnya dimana dan kapan mereka mencari produknya.

Buyer persona yang Anda buat nantinya akan mempengaruhi segala aspek marketing Anda, termasuk:

Content Marketing

Lead magnet seperti apa yang akan Anda buat untuk menarik pembeli. Artikel seperti apa yang bisa meningkatkan awareness calon konsumen Anda. Konsep video dan desain gambar juga tentunya akan dibuat berdasar target konsumen sehingga bisa mengubah calon pembeli dari market cold ke warm.

Media Iklan

Dengan buyer persona Anda tentu akan tahu dimana calon pembeli lebih senang menggunakan media sosial apa saja. Iklan seperti apa yang akan tepat untuk calon pengguna produk Anda.

Pembuatan Produk

Dengan buyer persona juga Anda akan mengetahui produk seperti apa yang bisa menjadi solusi buat market ideal Anda.

Baca juga: Cara Membuat Email Marketing Untuk Melejitkan Penjualan

Cara Membuat Persona Buyer

Cukup dua langkah saja yang bisa Anda lakukan untuk membuat buyer persona:

Pertama, mulailah berimajinasi soal calon pembeli ideal Anda. Coba Anda bayangkan seorang pelanggan setia Anda sedang curhat. Anggap saja Anda dan calon pembeli adalah dua orang teman baik. Dia lebih suka memberi daripada Anda. Sedangkan Anda lebih suka melayani sebaik mungkin. Namanya teman baik pasti akan saling tahu masing-masing kepribadiannya.

Dua, catat semua poin yang Anda pikirkan sebelumnya. Catat semua yang terkait dengan target Anda dari mulai latar belakang, sampai kebiasaannya. Dengan menuliskan semuanya, perlahan-lahan Anda akan paham mengapa menulis buyer persona itu penting.

Baca juga: Jenis Jenis Iklan Yang Banyak Dipakai Perusahaan Besar, Mau Coba?

Untuk mencari mereka, Anda juga bisa mengunjungi fanpage, akun, dan grup kompetitor Anda. Lalu Anda add friend satu per satu, setelah itu Anda harus sharing, like dan komen status mereka. Kenapa? Tujuannya agar membangun kedekatan Anda dengan calon pembeli.

Tugas Anda itu mendapat perhatian mereka, biar mereka tahu dan memperhatikan Anda juga. Dengan terjalinnya hubungan dan kedekatan inilah yang ujung-ujungnya setelah ini Anda bisa merubah kedekatan menjadi konversi.

Baca juga: Alasan Mengapa Anda Harus Jadi Reseller Online Shop

Tertarik dengan hal-hal seputar dunia bisnis lainnya seperti materi di atas, Anda bisa mendapat materi langsung dari ahlinya. Tanpa perlu biaya sedikitpun, Anda bisa mendapat materi terkini dan bisa langsung dipraktekan dengan mudah. Klik gambar dibawah ini untuk mendapat mentoring gratis melalui Grup Facebook Billionaire Academy.

Gravatar Image
Billionaire Store adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penulisan. Percetakan dan Penerbitan buku buku bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *