Cara Membuat Toko Online

Tips dan Cara Membuat Toko Online Anda Banjir Orderan

Posted on

Cara Membuat Toko Online – Membuat dan memiliki sebuah web store atau website e-commerce bisa dikalatakan langkah paling mudah. Hal tersulitnya adalah bagaimana cara Anda mengembangkan website tersebut, hingga menghasilkan traffic yang bagus.

Tidak hanya ramai pengunjung, tapi juga bisa mendatangkan penjualan. Terlepas dari fungsi utama sebuah web store yaitu sebagai katalog online, keberadaan toko online ini juga diharapkan dapat memudahkan transaksi. Baik itu dari sisi penjual maupun pembeli.

Ada banyak hal yang meyebabkan pengunjung website tersebut tidak jadi beli. Bisa jadi karena website Anda tidak responsif. Atau bisa juga karena konten yang kurang menarik. Dan masih banyak kemungkinan lainnya.

Mengutip dari buku ‘Optimasi Toko Online‘ by Fahmi Hakim, bahwa yang menjadi dasar utama dari toko online laris adalah visitor experience. Pada tahap ini, first impression sangatlah penting. Untuk itu, Anda harus mampu memberikan pengalaman pengunjung yang baik.

Tidak hanya menarik, tapi juga memberikan kemudahan. Mengapa demikian? Karena hasil riset membuktikan bahwa pengunjung atau audiens baru dari sebuah toko online itu, tidak langsung membeli. Bahkan sebagian dari mereka ada yang tidak kembali lagi. Hal ini bisa saja terjadi karena visitor experience yang sangat buruk.

Cara Membuat Toko Online yang Laris

Itulah kenapa saat membuat web store, Anda harus memperhatikan betul struktur dari toko online tersebut. Paling tidak memenuhi syarat visitor experience, seperti beberapa hal dibawah ini:

Tidak Loading

Pertama yang harus Anda pastikan adalah perfoma website, tidak loading atau tidak lemot saat diakes. Jangan sampai hal ini terjadi! Bayangkan jika visitor tersebut adalah diri Anda sendiri. Ketika dihadapkan dengan website yang lemotnya minta ampun, apa yang Anda rasakan? Pastinya bosan kan, apalagi loading-nya lama banget. Dan mungkin, Anda bisa saja langsung meninggalkannya.

Hal inilah yang harus Anda hindari. Untuk itu, saat membuat website upayakan memilih hosting atau paltform pembuat toko online yang tidak lemot. Sehingga visitor pun bisa lebih leluasa untuk menjelajahi website Anda, tanpa kendala apapun.

Informatif

Berikan informasi yang jelas dan mudah dimengerti, jangan sampai membuat visitor Anda bingung. Sehingga menurunkan ‘hasrat’ mereka untuk membeli produk Anda. Lalu, apa yang harus Anda lakukan untuk mempermudah informasi? Simak beberapa poin berikut ini:

  • Fokus pada satu jenis produk

Tidak menjual berbagai produk dalam satu toko online. Karena, hal ini tidak hanya akan membingungkan pengunjung, tapi juga akan menyulitkan Anda saat melakukan upaya branding. Anda ingin dikenal sebagai apa? Kan gak mungkin dikenal menjadi toko serba ada, kecuali kalau konsep bisnis Anda marketplace.

  • Satu halaman produk, tidak banyak pilihan

Upayakan dalam satu halaman produk, Anda hanya menawarkan satu produk saja. Tidak menawarkan produk lainnya. Ingat, yang dibahas disini adalah halaman produk bukan halaman depan (homepage).

Isi dari halaman produk ini biasanya menampilkan informasi detail produk. Seperti detail warna produk, bahan, size chart, dan lain sebagainya.

  • Foto produk yang mudah dibayangkan

Gambar atau foto produk menjadi konten terpenting dalam sebuah website toko online. Usahakan foto produk yang ditampilkan jelas dan mudah dibayangkan oleh calon pembeli Anda.

  • Deskripsi produk yang jelas dan mudah dimengerti

Tidak hanya menampilkan foto produk yang jelas, tapi juga dilengkapi dengan deskripsi produk yang detail dan mudah dimengerti. Mulai dari spesifikasi produk, bahan, fitur, manfaat dan kontak yang bisa dihubungi.

  • Tombol beli yang jelas dan mudah dihubungi

Gunakan bahasa yang jelas, mudah dimengerti dan familiar. Seperti menggunakan kata-kata berikut: Beli, Shop Now, Order Now, dan Beli Sekarang. Atau mungkin menggunakan kata-kata yang lebih unik, tapi tetap mudah dimengerti. Contohnya, Sikat Sekarang!

Selain itu, sertakan juga informasi kontak yang bisa dihubungi. Misalnya menaruh live chat di dalam toko online, atau menaruh link menuju ke WhatsApp/Line dan email.

Kemudahan Alur Pembelian

Bagaimana alur pembelian yang mudah? Dimulai dari tombol beli yang jelas dan sedikit mencolok. Selain menggunakan bahasa yang jelas, Anda juga bisa memberikan sentuhan warna yang mencolok. Sehingga mudah diketahui pelanggan.

Kemudian dilanjut dengan mengisi data, tanpa harus login. Mungkin step ini mudah bagi Anda yang paham, tapi bagi mereka yang belum terbiasa, hal ini bisa saja jadi hambatan dan dianggap terlalu menyita waktu.

Untuk itu pemudahlah alurnya. Setelah klik tombol beli, mereka tinggal isi data, dan langsung mendapatkan invoice pembayaran. Usahakan pula, semua proses tersebut dibuat dalam satu halaman. Sehingga tidak perlu pindah-pindah.

Mobile Friendly dan Responsive

Artinya, dapat diakses oleh pengguna perangkat mobile atau handphone. Perlu Anda ketahui, bahwa pengguna internet itu lebih banyak mengakses toko online atau website dari handphone. Itulah kenapa, Anda harus membuat website yang mobile friendly.

Nah, untuk memantapkan strategi Anda dalam membangun dan mengembangkan bisnis online, pelajari juga tips dan trik untuk mendapatkan omzet miliyaran dengan toko online di buku Optimasi Toko Online By Fahmi Hakim.

Kabar baiknya lagi, buku ini sedang promo lho. Dapatkan penawaran harga spesial khusus di bulan September diskon 30%, KLIK GAMBAR DIBAWAH ini untuk mendapatkannya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gravatar Image
Billionaire Store adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penulisan. Percetakan dan Penerbitan buku buku bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *