cara-membuat-email-marketing

Cara Membuat Email Marketing Untuk Melejitkan Penjualan

Posted on

Cara Membuat Email Marketing – Sebagai pengusaha Anda tentu berharap selalu ada penjualan tiap harinya. Beruntungnya jika Anda berjualan online banyak media yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan.

Jika biasanya Anda hanya menggunakan sosial media seperti Facebook, Instagram dan sejumlah marketplace, ada media mainstream yang membuat Anda bisa menjangkau semua pengguna pengguna internet lintas media.

Apakah media tersebut? Apalagi kalau bukan email. Akun yang pasti setiap pengguna internet memilikinya. Sayangnya, para pengusaha di dunia online banyak yang belum memanfaatkan dan memaksimalkan media ini sebagai ladang potensial untuk promosi. Alasannya bisa jadi sederhana, tidak bisa membuat email marketing yang baik.

Baca juga: Peluang Usaha Ibu Rumah Tangga yang Akan Booming di Tahun 2019

Padahal jika Anda mengerti cara membuat email marketing yang ampuh dan membuat orang ingin membacanya, Anda dengan mudah bisa melejitkan penjualan produk dan tentunya meningkatkan keuntungan. Pertanyaan yang kemudian muncul, bagaimana caranya? Berikut hal hal yang perlu Anda perhatikan ketika membuat email marketing.

Ketahui Dulu Alasan Anda Membuat Email

Dengan mengetahui alasan Anda membuat email, Anda mengerti bahwa orang harus membaca pesan Anda. Maka dari itu buat subjek email Anda sangat menarik sehingga orang akan melihatnya dan klik email untuk melanjutkan membaca seluruh isi email.

Subjek email ini yang menjadi penentu apakah email akan dibaca atau tidak. Saat membuka email orang akan melakukan scanning dan hanya akan membuka email yang menurutnya penting atau menarik. Maka, buat subjek email yang membuat orang memiliki alasan kuat untuk membukanya.

Baca juga: Pengusaha Terancam 4 Tahun Penjara, Jika Tak Ikuti Aturan UMP 2019

Tujuan Apa yang Ingin Anda Capai

Apa tujuan Anda membuat email marketing? Hasil atau dampak apa yang ingin Anda berikan pada pembaca? Jika Anda sudah mengetahuinya, mulai email Anda dengan tujuan atau dampak yang ingin Anda timbulkan pada pembaca.

Jika Anda ingin membuat orang membeli produk Anda, awali isi pesan Anda dengan ajakan membeli karena promo menarik atau alasan-alasan mengapa produk Anda harus dibeli konsumen. Berikan keuntungan yang akan pembaca dapat saat membaca pesan Anda, munculkan bagian tersebut diawal agar pembaca makin tertarik dan tidak melewatkannya.

Baca juga: Cara Bisnis Online: Pentingnya SOP untuk Bisnis Anda

Sadari Bahwa Orang Tak Akan Membaca Email Anda

Kebanyakan orang tidak akan membaca kata perkata email Anda dari awal hingga akhir. Kecenderungan orang hanya akan melakukan scanning. Oleh sebab itu, buat email promosi yang mudah di scanning pembacanya sehingga pesannya bisa tersampaikan meski emailnya dibaca cepat.

Email yang bisa dibaca scanning memiliki kriteria seperti; memiliki paragraph-paragraf pendek, menggunakan poin-poin dan menggunakan cetak tebal atau bold pada kata-kata penting. Tambahan gambar hingga link video pun biasanya disertakan untuk membantu pembaca.

Baca juga: Cara Dagang Online Sukses dengan 5 Teknik Konversi Ini

Untuk membuat konten promosi di email maupun di media lain, Anda memang perlu banyak berlatih dan tentunya belajar dari para ahli. Salah satu media yang bisa Anda manfaatkan secara gratis yakni di grup Facebook Billionaire Store Academy. Tak hanya belajar membuat konten, Anda pun bisa mendapat tips- tips ampuh meningkatkan penjualan hingga solusi-solusi untuk masalah bisnis Anda.

Bukan hanya cara membuat email marketing, bahkan strategi mengirim email yang ampuh bisa Anda pelajari di grup ini. Jangan sampai Anda melewatkan kesempatan belajar bersama para praktisi bisnis. Klik di bawah ini untuk dapat seat bergabung di grup BiSA.

 

Buat Email yang Personal

Meski pengiriman email dilakukan pada ratusan hingga ribuan orang, tetap buat email Anda secara personal. Alasannya sederhana, pembaca pasti membacanya seorang diri sehingga Anda harus membuat email promosi seolah-olah sedang mengajak berbicara pembaca.

Gaya bahasa yang dipakai mungkin tidak harus selalu formal, gunakan bahasa sehari-hari hanya saja tetap memikirkan tentang kesopanan. Hal yang harus diingat juga, sesuaikan gaya bahasa dengan brand yang Anda bangun. Jangan sampai gaya bahasa yang digunakan tidak sesuai dengan branding produk Anda.

Baca juga: Tipe Tipe Penjual yang Perlu Diketahui, Tipe Seperti Apakah Anda?

Gunakan Kalimat Aktif

Sejalan dengan poin sebelumnya, untuk membuat pembaca seperti diajak berbicara saat membaca email Anda, gunakan kalimat-kalimat aktif. Dengan menggunakan kalimat aktif, pembaca lebih merasa diajak mengobrol oleh seseorang.

Jika kalimat pasif lebih dominan dalam email Anda, justru pembaca hanya seperti membaca email seperti biasa. Sentuhan personalnya pun hilang jika Anda lebih banyak mengunakan kalimat-kalimat pasif.

Jika Anda belum memaksimalkan email sebagai media promosi Anda, sekarang saatnya Anda berkirim email dengan calon konsumen Anda. Pergunakan cara membuat email marketing diatas untuk mengirim email promosi pertama Anda.

Baca juga: Gaji Kecil? Tanggulangi Dengan 6 Pekerjaan Sampingan Ini

Tidak perlu khawatir bagi Anda yang masih awam dan belum paham soal cara membuat email marketing. Anda bisa mempelajari segala hal yang berkaitan dengan promosi melalui email dalam buku Kirim Email Aja. Buku seharga Rp 174.300, membahas lengkap mengenai email marketing.

Buku ini merupakan kunci bagi Anda yang ingin membuka pintu-pintu keuntungan melalui email marketing. Anda bahkan belajar dari ahlinya langsung yakni Fikry Fatullah seorang praktisi dalam bidang email marketing yang sudah terbukti berhasil.

Beli dan pelajari bukunya dengan klik gambar di bawah ini.

Gravatar Image
Billionaire Store adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penulisan. Percetakan dan Penerbitan buku buku bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *