Cara Jualan di Instagram: Bisnis Sampingan Menguntungkan

0
547
CARA JUALAN DI INSTAGRAM

Cara Jualan di Instagram adalah salah satu ladang bisnis menjanjikan dan cocok dijalankan oleh Anda para generasi milennial. Atau mungkin sudah memiliki bisnis dan menargetkan kaula muda sebagai market potensialnya, membuka olshop (online shop) di Instagram ini bisa jadi pilihan paling tepat.

Cara jualan di Instagram ini terbilang sangat mudah. Jika selama ini Anda hanya menggunakannya sebagai media untuk berbagi momen dan kerabat, tak ada salahnya untuk mencoba tantangan baru dan memanfaatkannya sebagai media bisnis.

Jadi tidak hanya sekedar sharing saja, tapi juga media selling sehingga dapat menambah uang saku Anda. Langkah apa saja yang harus Anda lakukan? Simak penjelasan berikut ini:

Cara Jualan di Instagram

Pada dasarnya, cara jualan di Instagram ini sama seperti ketika Anda berbagi foto, video maupun cerita dengan kerabat dan keluarga di Instagram personal. Perbedaannya adalah, ketika Anda memutuskan untuk berjualan, konten-konten yang ada bagikan mengandung unsur selling.

Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis di Instagram, perhatikan beberapa hal dibawah ini:

Buat Diri Anda Dikenal Sebagai Pelaku Bisnis

Untuk memulai bisnis di Instagram. Anda harus mempunyai akun. Karena akan digunakan untuk berbisnis, pastikan dibuat dengan benar, tidak asal-asalan. Sehingga memudahkan Anda pada saat optimasi akun olshop.

Lantas, apakah membuat akun untuk bisnis ini butuh langkah-langkah yang berbeda? Tentu saja tidak, hanya saja ada poin-poin tertentu yang harus diperhatikan dalam pengisian dan penggunaannya. Apa saja?

Nama Akun

Ingat, ketika mengisi nama akun tidak boleh sembarangan. Gunakanlah kata kunci yang tepat, sesuai dengan produk bisnis Anda. Sehingga ketika calon pembeli mengetikan barang yang Anda jual, nama akun bisnis Anda akan muncul di urutan teratas.

Tapi, tetap sesuaikan dengan fungsi akun Instagram yang Anda buat. Jika digunakan untuk branding, bisa langsung menggunakan nama merek.

Judul Bio

Tuliskan apa yang benar-benar mewakili bisnis Anda, secara ringkas. Hindari penggunaan kata-kata alay atau lebay supaya tetap profesional. Khusus untuk ‘Judul Bio’, jumlah karakter yang digunakan terbatas, yaitu sebanyak 30 karakter. Gabungan dari huruf, angka dan simbol.

Bio

Jelaskan tentang bisnis Anda secara jelas dan detail. Anda juga bisa menambahkan beberapa kata kunci untuk mengarahkan pengunjung ke akun Anda ketika mereka melakukan pencarian. Anda juga dapat mencantumkan kontak pribadi maupun bisnis seperti nomer telepon atau email.

Foto Profil

Pastikan memasang foto profil yang bagus, menarik dan jelas. Jangan terlalu memaksakan ada teks pada foto, karena percuma tidak akan terlihat. Mengingat kecilnya tampilan foto tersebut.

Link Website

Anda juga bisa menambahkan link website. Tapi jika belum punya website, Anda bisa mengisinya dengan link yang mengarah kemana saja. Misalkan link penjualan di marketplace, aplikasi chat seperti Line, Whatsapp, dan lainnya. Tidak harus website.

Baca Juga: Cara Promosi di Instagram, Praktis dan Terbukti Laris

Membuat Konten Instagram

Setelah membuat akun bisnis, selanjutnya adalah menyiapkan konten yang menarik. Sebagai sosial media yang menyuguhkan konten visual, pastikan kualitas foto atau video yang Anda gunakan berkualitas dan jelas. Dan jangan lupa untuk menambahkan caption atau deksripsi singkat, tapi tetap menarik.

“Tapi saya bukan fotografer, dan tidak tahu bagaimana cara menulis caption menarik. Pengetahuan saya tentang copywriting sangat kurang”.

Jangan khawatir, kami punya solusinya. Anda bisa membaca buku Login Instagram, kupas tuntas rahasia raih omset ratusan juta dari Instagram. Dapatkan juga tips dan trik gaet follower yang tertarget, teknik posting di Instagram yang menjual. Dan masih banyak lagi.

Yakin, tidak tertarik membeli buku Login Instagram? Klik Gambar dibawah ini untuk mendapatkannya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here