Cara Closing Penjualan Online: Anti PHP dan Pasti Beli

0
177
Cara Closing Penjualan Online

Cara Closing Penjualan Online – Jika Anda pemilik olshop atau pebisnis online, pasti tidak asing dengan karakter pelanggan yang satu ini. Konsumen CLBK, alias Chatting Lama Beli Kagak. Entah itu yang hanya sekedar nanya-nanya aja, terus menghilang. Atau sudah siap transfer, tapi tak kunjung konfirmasi juga.

Parahnya lagi, chatting-nya sama Anda, tapi belinya ke penjual lain yang menjual produk sejenis. Gimana gak nyesek tuh? Cape kan diPHP-in konsumen terus?

Udah, jangan baper. Yuk, cari tahu teknik atau cara closing penjualan online paling jitu, dijamin konsumen langsung transfer. Tapi sebelum itu, kami akan membahas terlebih dahulu apa itu teknik closing dalam bisnis.

Apa Itu Teknik Closing?

Mungkin sebagian dari Anda ada yang masih bingung. Apa sih teknik closing? Adalah bagaimana cara Anda untuk mendorong atau menggiring pelanggan yang tadinya hanya sekedar tanya-tanya produk, bisa tertarik hingga akhirnya kebelet untuk transfer.

Closing juga merupakan tujuan terakhir dan utama dari sebuah bisnis. Sebagus apapun strategi dan promosi bisnis Anda, akan sia-sia jadinya jika cara closing penjualan online yang dilakukan tidak bisa menggiring konsumen untuk melakukan pembayaran.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara closing penjualan online paling jitu dan terbukti menghasilkan. Tapi sebelum itu, Anda harus paham dulu bagaimana cara mendatangkan pelanggan.

Ya, bagaimana mau closing kalau yang chat atau konsumen yang menanyakan produknya aja masih sedikit? Bahkan tidak ada sama sekali.

Cara Mendatangkan Traffic untuk Memperbesar Peluang Closing

Pada dasarnya inti atau kunci dari jualan itu ada dua, yaitu mendatangkan banyak traffic atau pengunjung, lalu mengkonversinya menjadi pembeli. Dari mana traffic itu berasal? Bisa dari website, Facebook, Instagram, Emai atau yang lainnya.

Nah, strategi yang digunakan untuk mendatangkan atau mendapatkan traffic ini ada dua cara, yaitu organik dan berbayar.

  • Organic Traffic

Organic traffic sendiri adalah cara memanfaatkan atau mendapatkan pengunjung secara gratis, alias tidak perlu mengeluarkan biaya sepersen pun. Berikut adalah beberapa media yang bisa Anda gunakan untuk mendatangkan organic traffic; status Facebook, postingan Instagram, artikel web, dan SEO.

Hanya saja, tipe konsumen yang terjaring melalui traffic ini belum benar-benar siap. Jadi perlu diberi edukasi dulu sebelum Anda berjualan. Bagaimana caranya? Bisa melalui chat langsung, dan menginformasikan secara detail apa produk yang Anda jual. Atau bisa juga dengan membangun grup khusus baik itu di aplikasi chat atau sosial media.

  • Non Organic Traffic (Berbayar)

Berbeda dengan sebelumnya, jenis traffic yang satu ini perlu menginvestasikan uang untuk mempromosikan sebuah produk bisnis melalui platform online yang menyediakan fitur Ads atau beriklan. Contohnya bisa melalui Facebook Ads dan Google Adword.

Nah, jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih jauh bagaimana cara mendatangkan traffic yang paling efektif untuk memperbesar peluang closing, bisa membaca dan mempelajari secara langsung di Buku Chit-Chat.

Nah, untuk mendapatkan buku Chit-Chat ini caranya gampang banget. Anda tinggal klik gambar di bawah ini!

Cara Closing Penjualan Online Anti CLBK

Traffic sudah banyak, selanjutnya adalah mengkonversi traffic tersebut menjadi pembeli sebanyak-banyaknya. Dan untuk persentase closingnya sendiri ada di kisaran angka 10% dari jumlah leads (calon buyer) yang masuk.

Kok, sedikit? Benar, itulah kenapa Anda harus membutuhkan teknik closing paling jitu dan telah teruji menghasilkan. Tapi, apakah persentase closing tersebut masih bisa naikan?

Bisa! Semua ada caranya. Bukan tidak bisa, hanya saja Anda belum tahu dan menemukan cara yang paling tepat. Bagaimana caranya? Ya, salah satunya bisa dengan membaca atau mempelajari artikel atau buku-buku bisnis sesuai dengan kebutuhan Anda.

Langsung saja, ini dia cara closing penjualan online anti CLBK (Chatting Lama Beli Kagak):

Kenali Penghambat Closing

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya Anda mengetahui dulu faktor-faktor apa saja yang bisa menghambat closing. Berikut adalah beberapa keraguan calon pembeli yang mampu menghambat terjadinya penjualan online:

  • Tidak tertarik.
  • Belum butuh.
  • Belum punya uang.
  • Harganya mahal.
  • Bonusnya kurang menarik.
  • Menunggu tanggal gajian.
  • Mikir-mikir dulu.
  • Ragu sama penjualnya.
  • Dan lain sebagainya.

Itulah beberapa faktor yang bisa menghambat produk bisnis tidak laku di pasaran. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk menganalisis produk yang akan ditawarkan. Kenali dan ketahui apa keunggulannya, bagaimana nilai gunanya. Selain itu, pikirkan juga apa yang bakal terjadi kedepannya.

Gunakan Teknik Closing Paling Tepat

Jangan sia-siakan calon pembeli yang menghubungi Anda. Ketika mereka mulai bertanya tentang produk bisnis Anda, itu tandanya mereka mulai tertarik. Jadi jangan sampai Anda menghilangkan minat mereka hanya karena salah menjawab.

Yuk, pelajari bagaimana teknik closing yang ampuh dan mudah diterapkan.

Bertanyalah

Satu kesalahan paling fatal dan banyak dilakukan adalah membiarkan obrolan berhenti di penjual. Untuk itu, rajin-rajin lah bertanya. Bisa menanyakan alasan, tanya pendapatnya, tanya keinginannya, tanya apa yang ia perlukan, tanya bagaimana kondisinya.

Tapi ingat, jangan asal mengajukan pertanyaan ataupun bertanya terus menerus tapa jeda alias nyerocos. Yang ada, calon pelanggan malah kabur karena males menjawab setiap pertanyaan yang ada ajukan.

Beri Tahu Keuntungan Produk Bisnis Anda

Inilah yang dicari dari sebuah produk, menawarkan sejumlah keuntungan atau keunggulan yang bisa menjawab kebutuhan pelanggan.

Berikan informasi mendetail kepada calon pembeli tentang keuntungan yang akan mereka dapatkan saat membeli produk bisnis Anda. Keuntungan tersebut bisa berupa manfaat fitur produk, bisa juga berupa diskon, bonus, atau layanan yang akan mereka dapat.

Berikan Batas Waktu dan Stok

Teknik ini digunakan untuk menakut-nakuti calon pembeli dan mendorong mereka untuk segera beli karena tahu kondisi atau kesempatan tersebut tidak bisa datang dua kali, sulit terulang.

Teknik ini biasanya digunakan saat mempromosikan produk diskon, atau ada barang yang stoknya dibuat secara terbatas.

Berikan Cerita

Jangan sepelekan testimoni dari pelanggan. Sampai saat ini, salah satu promosi paling ampuh yaitu promosi dari mulut ke mulut. Berawal dari cerita pengalaman satu pelanggan ke pelanggan lainnya.

Untuk itu, selalu berikan kesan pelayanan yang baik. Karena ketika mereka puas dengan layanan dan produk bisnis yang Anda tawarkan, bukan hal tidak mungkin bagi mereka untuk merekomendasikan produk bisnis Anda kepada kerabat, teman, bahkan rekan kerjanya sekali pun.

Hadirkan Nilai Ekslusifitas

Inilah aspek penting dari sebuah produk bisnis yang paling banyak dicari pelanggan, yaitu nilai ekslusifitas. Semakin ekslusif, makan akan semakin diinginkan. Pelanggan biasanya sangat menyukai produk yang tidak pasaran. Nah, Anda juga bisa menerapkan teknik ini untuk memperbesar peluang closing.

Jangan Sungkan

Ketika Anda chatting dengan calon pembeli, jangan sungkan untuk menyapa mereka secara langsung. Buat seolah Anda sedang berhadapan langsung dengan mereka, jangan sungkan untuk memanggil atau menyebutkan nama mereka.

Karena kebanyakan orang akan merasa senang dan nyaman jika orang lain memanggil namanya. Mereka akan merasa dekat dengan Anda, begitu pun sebaliknya.

Jangan sungkan untuk meminta maaf, jika memang Anda melakukan kesalahan. Jangan sungkan untuk berterimakasih sudah order produk bisnis Anda, dan jangan sungkan atau ragu untuk meminta tolong kepada calon pembeli. Misalkan meminta bantuan mereka untuk memberikan review atau masukan untuk kemajuan bisnis Anda.

Itulah beberapa teknik atau cara closing penjualan bisnis online yang bisa Anda terapkan. Semoga bermanfaat. Untuk lebih detailnya, bisa Anda pelajari langsung di buku Chit Chat. Kupas tuntas rahasia omset berlipat dari media chatting.

Nah, untuk memantapkan ilmu yang Anda baca di buku Chit Chat, kami juga menyediakan progran Belajar Bareng BS (Billionaire Store). Nantinya, Anda akan bergabung di sebuah grup khusus dan dibimbing langsung oleh mentor berpengalaman dari tim Billionaire Store.

Dan kabar baiknya lagi, mentoring ini gratis. Tanpa syarat dan tidak dikenakan biaya sepersen pun. Tertarik? Yuk, gabung sekarang juga. Caranya gampang banget, Anda tinggal klik gambar di bawah ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here