Cara Buat Toko Online Beromset Miliaran

0
1042
Cara Buat Toko Online

Cara Buat Toko Online – Anda seorang pebisnis yang masih mengandalakan toko offline, dan belum ada gambaran mengenai toko online? Atau sudah memilik toko online tapi masih sepi? Tidak tahu bagaimana cara mengoptimasinya? Jika memang demikian, Anda wajib baca artikel ini sampai akhir.

Berkat kecanggihan teknologi saat ini, membeli produk melalui sebuah toko online menjadi hal yang lumrah. Bahkan tak sedikit dari para pelaku usaha kecil menengah (UKM) yang juga mulai memasarkan produknya secara online. Baik itu di sosial media, marketplace, hingga toko online atau website e-commerce sekalipun.

Sayangnya, keputusan tersebut seringkali tidak disertai dengan ilmunya. Sehingga tak heran banyak pengusaha yang mulai mengeluhkan bisnis yang tak kunjung juga mengalami perubahan atau peningkatan secara signifikan. Karena salah mengambil langkah atau keputusan, tanpa perencanaan yang matang.

Inilah kenapa, saat Anda mengambil sebuah langkah atau tindakan harus dipikirkan matang-matang, disertai ilmu yang mempuni. Niatnya bagus memang, ingin mengikuti tren pasar online yang kini sedang happening agar tidak tergerus atau tersingkir dari market karena ketatnya persaingan. Tapi bertindak tanpa bekal dan senjata yang tepat, juga akan percuma.

Untuk itulah, disini kami akan memberikan penjelasan secara tepat, langkah atau cara buat toko online yang terstruktur hingga bisa mencetak omset miliaran rupiah. Perlu Anda ketahui, toko online yang akan kami bahas disini bukan marketplace, atau toko di media sosial. Tetapi toko online berupa webstore.

Kenapa Harus Toko Online?

Ada yang masih bertanya-tanya, kenapa sih harus membuat toko online? Bukan kah dengan membuka online shop di sosial media atau marketplace juga sudah termasuk ranah go-online.

Yups, benar sekali! Tapi mau sampai kapan? Ingat, ketika berjualan di marketplace, Anda tidak bisa mengendalikan sepenuhnya. Karena mereka lah (pihak marketplace) yang mengatur algoritma dan berbagai aturan mainnya.

Satu contohnya, Anda tidak akan punya alamat sendiri, alias domain website sendiri yang bisa diingat oleh audiens. Nantinya, yang lebih dikenal oleh audiens adalah marketplacenya, bukan toko atau bisnis Anda.

Lalu bagaimana dengan online shop di sosial media? Kebali lagi ke fungsinya, platform tersebut memang ditujukan khusus untuk bersosial dan berinteraksi. Jadi lebih teaptnya, media sosial ini sangat pas atau cocok Anda gunakan untuk berinteraksi dengan calon pembeli, dan berkumpul disana.

Selain itu, media sosial juga terbatas dan tidak bisa diatur. Algoritmanya juga sering berubah-ubah. Dan ingatkah Anda? Dulu ramai sekali masyarakat yang menggunakan Friendster. Perlahan pindah ke Twitter, ke Facebook, ke Path, hingga ke Instagram.

Coba bayangkan, jika Anda hanya jualan di sosial media saja, tanpa memiliki toko online? Dijamin, repot. Anda harus berpindah terus-menerus dari satu medsos ke medsos yang lainnnya. Apalagi, jika medsos yang digunakan sudah ditinggalkan penggunanya, bahkan ditutup. Seperti halnya saja Friendster dan Path. Secara tidak langsung Anda telah kehilangan aset terbesar, yaitu database.

Namun demikian, keduanya baik itu marketplace maupun sosmed tetap bisa Anda gunakan. Dengan catatan, hanya sebagai media untuk mempercepat penjualan saja.

Baca Juga: Cara Membuat Toko Online Anda Banjir Orderan

Cara Membuat Toko Online Beromset Miliaran

Memiliki bisnis yang sukses dengan omset berlipat mencapai miliaran rupiah menjadi dambaan setiap pengusaha. Tapi untuk mencapai impian tersebut tidak lah mudah. Ada perjuangan dan proses yang cukup panjang yang harus Anda lalui. Terus berikhtiar dan selalu meng-upgrade diri, baik itu dari sisi keimanan dan ilmu adalah hal penting yang harus dilakukan.

Bukan hanya sebagai pembelajar sejati, tapi juga harus action oriented. Jadi benar-benar banyak action, berikhtiar secara maksimal. Sudah belajar, sudah action, bagaimana jika belum berhasil?

Coba evaluasi, kenali dan sadari apa yang salah dari diri Anda. Hal apa saja yang dirasa belum maksimal Anda kerjakan. Perbaiki dan ikhitiar lagi. Jika pun sudah dirasa maksimal, tapi belum juga kunjung berhasil, pasrahkan.

Setidaknya sudah tercatat sebagai amal ibadah. Dengan catatan, Anda melakukannya secara ikhlas, lillahita’ala.

Nah, kira-kira langkah atau ikhtiar apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan bisnis online beromset miliaran? Salah satunya dengan membangun toko online. Ini dia delapan formula atau cara buat toko online yang menjual:

Kenali Target Market

Saat akan membangun sbeuah bisnis online, terutama toko online, usahakan untuk selalu menggunakan pola “who, then what?”.

Siapa dulu, baru apa? Mulai lah dengan memahami siapa target market bisnis Anda. Jadi konsepnya, bukan mencari market untuk produk yang sudah ada. Melainkan mencari produk untuk market yang sudah ada.

Kunci untuk menjalankan sebuah bisnis online yang sukses itu adalah mengetahui jelas siapa target market. Setelah itu, diolah menjadi rupiah.

Pilih Produk Miliaran

Artinya, produk bisnis tersebut memang layak dibeli dan digunakan oleh banyak orang. Inilah kunci atau kriteria mendasar dari produk miliaran. Strategi apapun yang Anda lakukan, jika produk tidak memiliki nilai value yang kuat, dapat dipastikan sulit berkembang.

Lantas, bagaimana menemukan produk yang memiliki value dan memenuhi unsur produk miliaran? Silahkan baca selengkapnya di buku Optimasi Toko Online. Begitu pun dengan keenam poin pembangun omset miliaran rupiah dari toko online, bisa Anda pelajari lebih mendetail di buku tersebut.

Bagaimana, Anda tertarik membaca buku Optimasi Toko Online? Klik gambar di bawah ini! Kami tidak pernah memaksa Anda untuk membeli atau memiliki buku ini. Hanya untuk Anda yang ingin mengembangkan bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here