cara berjualan di Facebook

Lima Trik Follow Up di Facebook, Buat Konsumen Langsung Transfer

Posted on

Cara Berjualan di FacebookSudah manfaatkan Facebook sebagai media jualan tapi malah sering diberi harapan palsu. Ada aja alasannya ketika ditanya jadi beli atau nggak. Sering dong dapet kata-kata “bentar deh dipikir-pikir dulu” sampai hapal karena keseringan dapet chat begitu dari calon pembeli.

Padahal untuk membuat pembeli sampai komentar di status Facebook apalagi chat aja usahanya setengah mati. Jangan khawatir, kalau merasa hal diatas adalah masalah Anda, berarti penyebabnya ada di proses follow up yang masih kurang berhasil. Tahap follow up ini disebut juga tindak lanjut untuk memastikan konsumen transfer untuk membeli produk.

Baca juga: Cara Closing Penjualan Online: Anti PHP dan Pasti Beli

Kalau calon pembeli sudah sampai chat tapi malah berujung CLBK (Chat Lama Beli Kaga) dan Anda diberi harapan kosong, ada sejumlah taktik follow up yang bisa Anda pelajari. Tidak akan ada lagi CLBK yang terulang kalau Anda sukses mempraktekan lima rahasia follow up sebagai salah satu cara berjualan di Facebook tanpa PHP.

Ajukan Pilihan

Dalam proses chatting bersama calon konsumen, ketika membahas topik yang menuju pada tahap closing jangan sampai salah bertanya. Mengajukan pertanyaan yang salah hanya akan membuat proses follow up tidak menghasilkan.

Pola pertanyaan yang dimunculkan jika konsumen masih terlihat ragu adalah dengan memberikan pilihan-pilihan. Pertanyaan pilihan ini pun harus membuat calon konsumen menjawab “Ya.”

Rumusnya adalah “Mas/Mbak, orderan yang kemarin mau (x) atau (y),” contohnya “Mas/Mbak, orderan yang kemarin mau dikirim hari ini atau besok.”Anda bisa membuat pertanyaan sejenis untuk mengunci calon konsumen untuk bisa melakukan proses transfer

Baca juga: Tips dan Cara Membuat Toko Online Anda Banjir Orderan

Asumsikan Pasti Beli

Cara berjualan di Facebook dengan cara follow up selanjutnya adalah mengasumsikan calon pembeli pasti membeli. Dalam benak Anda tanamkan lebih dulu jika calon konsumen pasti akan membeli produk yang Anda jual. Oleh sebab itu, pembicaran bisa Anda arahkan seolah-olah calon konsumen memang akan mentrasfer dan menyelesaikan proses pembelian. Ada teknik “Asumsi Terselubung” dalam buku Gara-Gara Facebook yang ditulis oleh Dewa Eka Prayoga yang akan membuat trik ini makin berhasil.

Salah satu pertanyaan yang bisa Anda ajukan “Mbak/Mas sebelum transfer apa masih ada pertanyaan terkait produknya?” Anda mengajukan pertanyaan seperti itu dengan asumsi jika calon konsumen akan transfer dan sudah yakin mau membeli. Dengan melontarkan pertanyaan tersebut, calon konsumen pun secara tidak lansung dibujuk untuk segera transfer padahal ia belum menyatakan akan membeli atau tidak.

Baca juga: 3 Buku yang Membahas Cara Promosi Online Shop di Facebook

Tanyakan Alasan Membeli

Trik follow up lainnya, menanyakan alasan mengapa calon pembeli tertarik dengan produk Anda. Masih berkelanjutan dengan trik sebelumnya, sisipkan asumsi terselubung dalam pertanyaan Anda. Dengan bertanya alasan membeli pada calon kosumen, berarti Anda berasumsi jika mereka sudah bersedia untuk membayar. Ketika pertanyaan dijawab dengan sejumlah alasan membeli produk yang ditawarkan, berarti konsumen sudah sepakat untuk membayar.

Jika masih memiliki kesulitan, trik-trik jualan sukses di Facebook lainnya bisa Anda temukan dalam grup Billionaire Store Academy. Bahkan beragam tips jualan online di media lain selain Facebook dari mentor-mentor bisnis yang sudah ahli secara cuma-cuma bisa Anda dapatkan.

Bergabung bersama pengusaha lainnya yang ingin meningkatkan omzet hingga milyaran dengan klik gambar dibawah ini.

Tunjukan Testimoni

Di zaman serba terbuka saat ini, testimoni pembeli menjadi hal penting. Selain sebagai bukti otentik dari pembeli sebelumnya, reputasi dan penilaian Anda sebagai penjual bisa dilihat dari testimoni. Dengan menampilkan screen shoot testimoni penjual yang puas, calon pembeli yang ragu bisa menjadi yakin karena testimoni yang ada.

Banyak calon konsumen yang tertarik dengan produk Anda, tetapi masih banyak yang ragu dengan kualitas produk maupun layanan. Testimoni menjadi penting karena Anda menggunakan media online. Bagaimana calon konsumen bisa percaya jika tidak ada alasan atau bukti yang membuatnya konsumen bisa percaya, maka berikan testimoni pelanggan terdahulu.

Baca juga: Banjir Order di Facebook Gara-Gara Copywriting, Pelajari Tekniknya di sini!

Tawarkan Bantuan

Sikap menawarkan bantuan pada calon konsumen berkaitan dengan produk yang diminatinya akan sangat berpengaruh pada penjualan. Banyak penjual yang melewatkan konsumen begitu saja karena tidak memberikan penjelasan produk pada calon konsumen.

Sebelum diminta baiknya tawarkan lebih dulu. Pertanyaan seperti “Ada yang ditanyakan mengenai produknya Mas/Mbak?” adalah bentuk perhatian tulus dari penjual yang akan dinilai lebih oleh calon pelanggan. Service Anda bisa-bisa menjadi bahan omongan dan penarik rezeki karena sikap peka dan membantu yang ditunjukan sebagai penjual. Efeknya konsumen akan merasa puas dan senang berbelanja pada Anda.

Sejauh ini, dari lima teknik diatas, sudah berapa teknik yang Anda gunakan untuk menindak lanjuti calon konsumen yang tertarik pada produk Anda di Facebook? Jika masih memiliki kesulitan menaikan omzet penjualan di Facebook, ada buku yang sangat berguna untuk Anda. Buku Gara-Gara Facebook bisa menjadi jembatan untuk melejitkan penjualan produk Anda di Facebook.

Beragam cara berjualan di Facebook bisa Anda temukan, tak hanya trik follow up saja, mulai dari rahasia closing hingga teknik funneling bisa Anda pelajari. Dapatkan segera buku yang menjadi favorit banyak orang ini dengan harga Rp 245.000. Jangan sampai menyesal jika Anda harus menunggu lama untuk bisa membaca buku bermanfaat ini.

Klik gambar dibawah ini untuk lakukan pemesanan buku.

Gravatar Image
Billionaire Store adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penulisan. Percetakan dan Penerbitan buku buku bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *