After_Sales_Service

After Sales Service yang Wajib Anda Praktekan!

Posted on

After Sales Service – Untuk memastikan bahwa customer menerima pelayanan terbaik dari toko kita, tugas kita tidak berhenti setelah pembeli melakukan transaksi. Setelah penjualan pun, kita harus terus mengawal proses pengiriman barang untuk memastikan kepuasan pembeli.

Proses ini biasa disebut juga after sales service atau bermakna, layanan setelah pembelian. Sebagai penjual pelayanan Anda tidak hanya berhenti setelah konsumen transfer, tetapi setelah produk terkirim. Apa saja kira-kira yang harus Anda lakukan saat menjalankan after sales service. Berikut adalah hal-hal yang harus kita lakukan setelah terjadi penjualan.

Follow Up Proses

Setelah pembeli melakukan transaksi, jangan telantarkan pembeli kita begitu saja. Selain upload resi pengiriman, beritahu juga mereka secara langsung mengenai proses pengiriman barangnya. Misalnya, kita bisa mengirimkan SMS dan Whatsapp kepada pembeli bahwa barang yang mereka pesan telah dikirim. Beritahu mereka nomor resi pengiriman agar pembeli bisa mengecek sendiri status pengiriman barang.

Baca juga: Pelayanan Prima, Cara Memenangkan Pasar Online Saat Ini

Cek Penerimaan Barang

Tiga hari setelah produk kita dikirim, tanyakan kepada pembeli apakah barangnya sudah mereka terima. Jika ternyata barang belum sampai, lacaklah status pengiriman barangnya dari data layanan ekspedisi yang kita gunakan. Setelah itu, informasikan hasilnya kepada pembeli. Beritahu mereka di mana posisi barang saat itu, dan kapan estimasi barang akan sampai.

Dengan begitu, pembeli tidak akan merasa risau meskipun barang yang mereka pesan belum diterima. Pengecekan penerimaan barang sebagai salah satu layanan after sales service adalah hal yang cukup penting karena tidak semua bisa melakukan tracking barang.

 

Cek Kepuasan Pembeli

Setelah produk sampai, tunggu kira-kira tiga hari. Kemudian hubungilah pembeli untuk menanyakan apakah produknya sudah digunakan. Tanyakan bagaimana kesan mereka setelah menggunakan produk kita. Apakah mereka merasa puas atau ada keluhan.

Cepat Tangani Keluhan

Selama berjualan di marketplace, kita akan menerima berbagai keluhan dari pembeli kita dari waktu ke waktu. Ketika itu terjadi, tanganilah keluhan mereka dengan cepat. Jangan banyak berdebat dan mengelak dengan seribu alasan.

Jika keluhan itu memang disebabkan oleh kesalahan pihak toko kita, maka berikanlah solusi dengan segera dan berikan bonus-bonus seperti free ongkir, untuk mengurangi kekecewaan mereka.  Meski mereka mengajukan keluhan, mereka mungkin saja akan kembali berbelanja di toko kita jika keluhannya ditangani dengan cepat, tanggap dan memuaskan.

Baca juga: Customer Journey, Hal yang Perlu Anda Pahami Sebelum Berjualan

Kumpulkan Data

Ini penting sekali agar hubungan kita dengan konsumen tidak terputus begitu saja setelah proses jual beli terjadi. Mulai biasakan untuk selalu menyimpan nomor kontak pembeli karena itu adalah modal kita untuk membuat database.

Database itulah yang nantinya bisa kita gunakan untuk melakukan promosi jika ada diskon/produk baru/penawaran menjadi reseller, agen, distributor dan tentunya akan menambah profit. Belajar data mining mulai sekarang. Ketika kita sudah memiliki database, luangkan waktu untuk sesekali menyapa target dalam daftar kita, supaya mereka selalu ingat pada toko kita.

Agar konsumen lebih puas, poin-poin after sales service di atas harus Anda lakukan. Selain untuk terus membuat hubungan dengan konsumen tetap terjalin, after sales service juga salah satu cara untuk meningkatkan repeat order.

Gravatar Image
Billionaire Store adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penulisan. Percetakan dan Penerbitan buku buku bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *